Soal Ulangan PLBJ Kelas 5 Semester 2 - Berikut ini merupakan salah satu contoh soal ulangan kelas 5 muatan pelajaran Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (PLBJ) tentang Materi Seni Bela Diri Betawi Jurus 3 dan 4. Didalam kurikulum 2013, materi tersebut tercantum dalam Kompetensi Dasar atau KD 3.9 Mengenal gerak jurus 3 dan 4. Silahkan dipelajari soal ulangan harian PLBJ Kelas 5 Semester 2 ini sebagai bahan referensi bagi peserta didik atau pun pendidik dalam memahami lebih lanjut materi Seni Bela Diri Betawi Jurus 3 dan 4. Berikut contoh soalnya.
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D didepan jawaban yang dianggap benar!
1. Seni bela diri yang berasal dari daerah Betawi dikenal dengan nama ….
A. maen tendang
B. maen belaan
C. maen pukul
D. maen silat
2. Jurus merupakan rangkaian gerak perlawanan atau pertahanan tanpa menggunakan ….
A. Senjata
B. Pukulan
C. Tendangan
D. Perlawanan
3. Pada seni bela diri Betawi, jurus 4 mengutamakan gerakan ….
A. menendang
B. melompat
C. memukul
D. menyiku
4. Gerakan utama pada maen pukul adalah ….
A. menendang
B. menangkap
C. mencakar
D. memukul
5. Makna kata “maen” dalam seni bela diri Betawi adalah ….
A. untuk memperoleh kesenangan
B. agar merasa menang sendiri
C. tubuh menjadi sehat
D. untuk membela diri
6. Bela diri bermanfaat untuk ….
A. menjaga diri dari bahaya
B. melakukan kejahatan
C. mengadu kekuatan
D. menonjolkan diri
7. Perhatikan tabel berikut!
No Aliran seni bela diri
1 Cingkrik Goning
2 Macan Kemayoran
3 Marunda Pulo
4 Murtado
Aliran maen pukul di tanah Betawi ditunjukan oleh nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 3 dan 4
II. Isilah titik-titik dari pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!
8. Jurus 3 dominan melakukan Gerakan ….
9. Bela diri juga dapat dijadikan olahraga, hal tersebut dikarenakan ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan benar!
10. Tuliskan gerakan yang dilakukan pada jurus 4 !
Semoga soal ulangan harian PLBJ KD 3.9 Mengenal gerak jurus 3 dan 4 dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih.