Soal PTS Kelas 4 Tema 6 Muatan Pelajaran SBdP Semester 2 Kurikulum 2013 - Seni Budaya dan Prakarya atau SBdP merupakan salah satu muatan pelajaran inti yang termuat dalam kurikulum 2013. SBdP memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang berbagai macam Seni Budaya Nusantara serta keterampilan-keterampilan sederhana yang dapat dipelajari peserta didik. Namun, didalam pembelajarannya, SBdP tidak hanya dituntut untuk bisa mempraktikan sesuatu hal tetapi juga harus dapat memahami materi-materi yang disajikan yang sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan. Agar siswa lebih memahami pentingnya mengenal berbagai macam seni budaya Nusantara.
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa khususnya kelas 4 sekolah dasar dalam memahami materi-materi SBdP khususnya tema 6, saya akan menyajikan salah satu contoh soal yang dapat dijadikan referensi bagi peserta didik maupun pendidik. Berikut ini salah satu contoh soal penilaian tengah semester (PTS) Kelas 4 tema 6 muatan pelajaran SBdP semester 2 kurikulum 2013 yang dapat kalian pelajari.
Kompetensi Dasar (KD) pada soal SBdP kali ini mencakup KD 3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada, KD. 3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah dan KD 3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP KD 3.2
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
1. Lagu anak-anak yang dinyanyikan dengan tempo lambat adalah ….
A. Tik-tik bunyi hujan
B. Kupu-kupu yang lucu
C. Aku seorang kapiten
D. Balonku ada lima
2. Lagu Tik-tik Bunyi Hujan dinyanyikan dengan tempo ….
A. lambat
B. lemah
C. sedang
D. cepat
3. Tempo Allegro memiliki arti bahwa lagu dinyanyikan dengan ….
A. lambat
B. lemah
C. sedang
D. cepat
4. Pencipta lagu “Indonesia Pusaka” adalah ….
A. Daljono
B. H. Mutahar
C. Ismail Marzuki
D. WR. Supratman
5. Perhatikan kutipan lagu berikut ini !
Waktu kukecil hidupku amatlah senang
Senang dipangku-dipangku dipeluknya
Serta dicium- cium dimanjakan
Namanya kesayangan
Judul lagu tersebut adalah ….
A. Kesayangan
B. Waktu kecil
C. Amatlah senang
D. Aku dimanjakan
6. Salah satu lagu anak-anak ciptaan Ibu Sud adalah ….
A. Tik-tik bunyi hujan
B. Aku anak Indonesia
C. Aku seorang kapiten
D. Balonku
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
7. Perhatikan kutipan lagu berikut ini !
Indonesia tanah air beta, Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala, Tetap dipuja-puja bangsa
Isi lagu tersebut bercerita tentang ….
8. Didalam sebuah lagu, cepat lambatnya lagu yang dinyanyikan disebut ….
9. Perhatikan gambar berikut ini !
Nama alat musik tersebut adalah ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
10. Tuliskan syair lagu “Kupu-kupu yang lucu” secara lengkap !
SBdP 3.3
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 21-23 !
Kisah Seorang Penari Gandrung Banyuwangi Seorang ibu bernama Supinah, mengisah kan perjalanan hidupnya sebagai seorang penari Gandrung. Tari Gandrung berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur yang sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Tari Gandrung merupakan tari penyampai pesan untuk para pejuang yang bergerilya pada Perang Puputan Bayu tahun 1771. Oleh karena nya, pada awalnya penari Gandrung adalah laki-laki. Pada tahun 1895 mulai muncul generasi penari gandrung wanita.
1. Tari Gandrung berasal dari daerah ….
A. Banten
B. Jawa Barat
C. JawaTimur
D. Jawa Tengah
2. Tari Gandrung sudah ada sejak zaman ….
A. Belanda
B. Portugis
C. Jepang
D. Modern
3. Generasi penari Gandrung wanita muncul pada tahun ….
A. 1771
B. 1895
C. 1772
D. 1896
4. Perhatikan gambar berikut ini !
Tarian tersebut berasal dari daerah ….
A. Jawa timur
B. Jawa Barat
C. Sulawesi Utara
D. Sumatera Barat
5. Tari yang berasal dari daerah Jawa Timur adalah tari ….
A. Pendet
B. Saman
C. Piring
D. Remo
6. Perhatikan gambar berikut ini !
Tari Pendet ditunjukan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7. Tari yang berasal dari daerah DKI Jakarta adalah tari ….
A. Saman
B. Piring
C. Remo
D. Topeng
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
8. Properti yang digunakan dalam tari Piring adalah ….
9. Tari yang berasal dari Aceh adalah tari ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
10. Apa saja persiapan yang harus dilakukan penari sebelum melakukan pementasan tari ?
SBdP KD 3.4
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
1. Teknik kolase biasanya dibuat dari barang bekas yaitu ….
A. puing-puing
B. kertas koran
C. besi baja
D. sisa makanan
2. Potongan-potongan kertas yang direndam didalam air dan diremas-remas lama-kelamaan akan menghasilkan ….
A. bubur kertas
B. kertas buram
C. gambar kertas
D. kertas kaku
3. Perhatikan gambar berikut ini !
Hasil karya tersebut menggunakan teknik ….
A. meronce
B. makrame
C. origami
D. kolase
4. Karya seni yang dibuat dari berbagai foto atau gambar yang digabungkan dengan gambar tangan merupakan karya seni dengan menggunakan teknik ….
A. origami
B. makrame
C. montase
D. kolase
5. Perhatikan gambar berikut ini !
Teknik yang digunakan untuk membuat karya seni tersebut adalah teknik ….
A. mozaik
B. origami
C. montase
D. kolase
6. Pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan disebut dengan teknik ….
A. mozaik
B. origami
C. montase
D. makrame
7. Langkah awal yang dilakukan sebelum membuat karya seni dengan teknik tertentu adalah ….
A. mewarnai gambar
B. membuat sketsa
C. menempel bahan
D. menggunting
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
38. Teknik yang digunakan untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel adalah teknik ….
39. Dalam membuat karya seni dengan teknik montase, alat yang digunakan untuk memotong media yaitu ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
40. Sebutkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya seni dengan teknik montase !