Rangkuman Materi Ujian Sekolah (US) PLBJ Berdasarkan Kisi-kisi US 2018 - Berikut ini merupakan rangkuman materi yang disajikan untuk pembelajaran dalam menghadapi Ujian Sekolah (US) PLBJ Berdasarkan
Kisi-kisi US 2018. Semoga rangkuman ini dapat bermanfaat bagi peserta didik maupun pendidik dalam menyampaikan materi Ujian Sekolah (US).
RANGKUMAN MATERI UJIAN SEKOLAH (US) PLBJ BERDASARKAN KISI-KISI US
By : ANDRE PRIMA
1.
Indikator 1. Peserta didik dapat memberi contoh perilaku menghemat air bersih dengan benar
Perilaku menghemat air bersih
Rumah :
- Mandi dengan air secukupnya
- Jangan terlalu sering mencuci kendaraan
- Gunakan air secukupnya ketika menyiram tanaman
Sekolah :
- Ketika selesai mencuci tangan langsung tutup kerannya
- Ketika sedang mengisi air di ember jangan sampai air keluar bertumpahan
- Cegah penggunaan air berlebih saat mencuci peralatan laboratorium
2.
Indikator 2. Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan manfaat hutan kota di Jakarta dengan benar
Manfaat hutan kota:
1.
Sebagai identitas kota.
2.
Tempat pelestarian plasma nutfah.
3.
Penahan dan penyaring partikel padat dari udara.
4.
Penyerap dan penjerap partikel timbal.
5.
Penyerap dan penjerap debu semen.
6.
Pereda kebisingan.
7.
Mengurangi bahaya hujan asam.
8.
Penyerap karbon monoksida.
9.
Penyerap karbon dioksida dan penghasil oksigen.
10.
Penahan angin.
11.
Penyerap dan penapis bau.
12.
Mengatasi penggenangan air.
13.
Produksi terbatas.
14.
Mengatasi instrusi air laut (khusus untuk kota pantai seperti Jakarta).
15.
Ameliorasi (upaya untuk memperoleh kenaikan produksi serta menurunkan biaya pokok, misal dengan perbaikan tanah) iklim.
16.
Pengelola sampah.
17.
Pelestarian air tanah.
18.
Penapis cahaya silau.
19.
Meningkatkan keindahan.
20.
Sebagai habitat burung.
21.
Mengurangi stres.
22.
Mencegah abrasi pantai (kota pantai).
23.
Meningkatkan industri pariwisata.
24.
Sebagai hobi dan pengisi waktu luang.
3.
Indikator 3. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi biopori bagi lingkungan masyarakat dengan benar
Manfaat-manfaat lubang biopori tersebut antara lain;
1.
Penyerapan Air
2.
Penanganan limbah organik
3.
Kesehatan Tanah
4.
Meningkatkan kawasan hijau di halaman rumah
4.
Indikator 4. Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri kali bersih dengan tepat
Kali kotor :
1.
berbau busuk
2.
Aliran air mampet
3.
ada sampah
4.
Warna air hitam legam
Kali bersih :
1.
Tidak berbau busuk
2.
Aliran air tidak mampet
3.
Tidak ada sampah
4.
Warna air tidak hitam legam
5.
Indikator 5. Disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan penyebab pencemaran kali di Jakarta dengan benar
Penyebab pencemaran kali di Jakarta
1.
karena adanya limbah pabrik
2.
banyaknya masyarakat yg membuang sampah sembarangan
6.
Indikator 6. Disajikan tabel,peserta didik dapat menentukan manfaat kali bersih bagi masyarakat Jakarta dengan benar
Manfaat kali bersih bagi masyarakat Jakarta
a.
Sebagai sarana transportasi air.
b.
Sarana rekreasi.
c.
Sebagai sumber air bersih.
d.
Sebagai tempat penampungan air hujan.
7.
Indikator 7. Disajikan peta Jakarta, siswa dapat menunjukkan letak kantor kedutaan negara sahabat dengan tepat
Di soal nanti ada gambar peta kantor kedutaan negara sahabat
8.
Indikator 8. Peserta didik dapat menjelaskan tata cara berkunjung ke kedutaan negara sahabat dengan benar
1.
Mengajukan permohonan kunjungan ke kantor kedutaan.
2.
Jika berkunjung secara rombongan, kita harus membawa surat pengantar dari instansi terkait.
3.
Jika berkunjung perorangan menunjukkan kartu identitas diri, misalnya Kartu Pelajar atau KTP
4.
Pengunjung wajib melapor ke bagian resepsionis dan mengisi daftar tamu
5.
Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan
6.
Pengunjung harus berpakaian sopan & rapih
7.
Pengunjung harus bersikap sopan, tertib, dan disiplin serta mematuhi tata tertib yang berlaku.
9.
Indikator 9. Peserta didik dapat menjelaskan akibat menghirup udara yang tercemar dengan benar
Akibat menghirup udara yang tercemar
Dari segi kesehatan dampak pencemaran udara oleh debu bisa menyebabkan penyakit paru-paru (bronchitis) serta penyakit saluran pernapasan lainnya. Sedangkan dampak pencemar udara oleh zat kimia seperti Karbon Monoksida bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada hemoglobin (metaloprotein pengangkut oksigen yang mengandung besi dalam sel darah merah). Dan selain itu penyakit yang timbul adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lain
10.
Indikator 10. Peserta didik dapat menjelaskaan upaya menanggulangi pencemaran udara di Jakarta dengan tepat
Upaya menanggulangi pencemaran udara di Jakarta
1. Reboisasi
2. Pengurangan Penggunaan CFC (Pengurangan penggunaan pendingin)
3. Menggunakan Transportasi Umum
4. Menggunakan Bahan Bakar yang Ramah Lingkungan
5. Memanfaatkan Biogas Sebagai Bahan Bakar
11.
Indikator 11. Peserta didik dapat menentukan jenis perumahan yang sesuai dengan kondisi masyarakat Jakarta dengan benar
Jenis perumahan yang sesuai dengan kondisi masyarakat Jakarta adalah Rumah susun (rusun)
12.
Indikator 12. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan pemerintah DKI Jakarta membangun rumah susun
Tujuan pemerintah DKI Jakarta membangun rumah susun yaitu
1.
Memenuhi kebutuhan perumahan yang layak dalam lingkungan yang sehat, secara adil, dan merata, serta mampu mencerminkan kehidupan masyarakat yang berkepribadian Indonesia.
2.
Mewujudkan permukiman yang serasi dan seimbang, sesuai dengan pola tata ruang kota dan tata daerah serta tata guna tanah yang berdaya guna dan berhasil guna.
13.
Indikator 13. Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan jenis angkutan masal di Jakarta.
Di soal nanti ada gambar jenis angkutan missal di Jakarta
Bus Transjakarta, metromini, bajaj, angkot, KRL
14.
Indikator 14. Peserta didik dapat menyebutkan sarana transportasi umum yang sedang dibangun pemerintah DKI Jakarta dengan benar
Sarana transportasi umum yang sedang dibangun pemerintah DKI Jakarta yaitu MRT / Monorel
15.
Indikator 15. Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah dalam memanfaatkan layanan transportasi online di Jakarta dengan benar
Transportasi berbasis internet secara online mengajak pemerintah ikut serta dalam memberikan peraturan seperti penentuan tarif, standar pelayanan, juga mengenai perlindungan konsumen
18.
Indikator 18. Disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan langkah-langkah penggunaan alat komunikasi tertentu dengan benar
Alat Komunikasi antara lain :
1.
Telepon
2.
Handphone (HP)
Langkah-langkah penggunaan alat komunikasi telepon
1.
Angkat gagang telepon
2.
Tekan nomor yang ingin dituju
3.
Akan terdengar nada panggil jika panggilan belum dijawab oleh penerima
4.
Jika sudah dijawab oleh penelepon, berbicaralah dengan menggunakan etika dalam berkomunikasi
5.
Tutup gagang telepon dengan benar setelah selesai berbicara
19.
Indikator 19. Peserta didik dapat menjelaskan keunggulan alat komunikasi telepon seluler dengan benar
1.
Dapat mengirimkan pesan secara cepat
2.
Praktis jika dibawa kemanapun
3.
Canggih dalam teknologi dan aplikasi fitur-fiturnya
20.
Indikator 20. Peserta didik dapat menuliskan contoh perilaku yang dapat merusak fasilitas umum dengan benar
Contoh perilaku yang dapat merusak fasilitas umum dengan benar
1.
Mencorat-coret fasilitas umum
2.
Aksi pembakaran mobil angkutan karena kenaikan tarif yang disebabkan harga BBM melambung tinggi
3.
Merusak fasilitas yang disediakan untuk umum
21.
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan nama fasilitas umum di Jakarta dengan benar
Nama fasilitas umum di Jakarta dengan benar
1.
Trotoar
2.
Halte
3.
ZebraCross
4.
Jembatan Penyebrangan Orang
22.
Indikator 22. Melalui sajian gambar, peserta didik dapat menuliskan nama tempat wisata di Jakarta dengan benar
1.
Nama tempat wisata di Jakarta
2.
Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara
3.
Fatahillah di Jakarta Barat
4.
Monumen Nasional di Jakarta Pusat
5.
TMII di Jakarta Timur
6.
Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan
23.
Indikator 23. Peserta didik dapat menuliskan salah satu manfaat obyek wisata bagi penduduk sekitar dengan tepat
Manfaat obyek wisata bagi penduduk sekitar
1.
Penduduk bisa membuka usaha seperti kerajinan tangan untuk di jual kembali
2.
Penduduk sekitar bisa menjadi pemandu wisata bagi wisatawan
3.
Dapat membuka lapangan pekerjaan
24.
Indikator 24. Peserta didik dapat menuliskan motto pariwisata provinsi DKI Jakarta dengan tepat
Motto pariwisata provinsi DKI Jakarta adalah “Enjoy Jakarta” karena membuat nyaman para pengunjung pariwisata
25.
Indikator 25. Melalui sajian gambar permainan rakyat Betawi, peserta didik dapat menentukan nama jenis permainan tersebut dengan tepat
Nama-nama jenis permainan rakyat Betawi :
1.
Dampu Kapal
2.
Wak-wakgung
3.
Petak Jongkok
4.
Nenek Gerondong, dll
26.
Peserta didik dapat menjelaskan nilai yang terkandung dalam suatu permainan rakyat Betawi dengan benar
1.
Sportifitas
2.
Kejujuran
3.
Kemandirian
4.
Disiplin
5.
Keuletan, dll
27.
Disajikan gambar alat musik Betawi, peserta didik dapat menentukan nama alat musik tersebut dengan tepat
28.
Disajikan potongan syair lagu Betawi, peserta didik dapat menuliskan kelanjutan syair lagu tersebut dengan tepat
Dalam soal ada kutipan syair lagu Betawi (Hafalkan lagu-lagu betawi seperti : Sirih Kuning, Ondel-ondel, dll)
29.
Disajikan gambar tarian Betawi, peserta didik dapat menentukan nama tari tersebut dengan tepat
1.
Tari Yapong
2.
Tari Sirih Kuning
3.
Tari Topeng Betawi, dll
30.
Disajikan gambar upacara adat Betawi, peserta didik dapat menentukan nama upacara tersebut dengan tepat
1.
Khitanan
2.
Nujuh Bulan
3.
Nikahan
4.
Palang Pintu
31.
Disajikan gambar pedagang makanan khas Betawi, peserta didik dapat menunjukkan jenis makanan yang dijual dengan tepat
Nama Makanan Khas Betawi yang dijual cepat
1.
Kerak Telor
2.
Soto Betawi, dll
32.
Peserta didik dapat memberi contoh nama makanan khas Betawi dengan tepat
Nama Makanan Khas Betawi
3.
Kerak Telor
4.
Soto Betawi, dll
33.
Disajikan gambar kebakaran, peserta didik dapat mengidentifikasi kerugian yang dapat terjadi dengan benar
1.
Kehilangan harta benda
2.
Kehilangan nyawa
3.
Kehilangan Surat-surat berharga
34.
Peserta didik dapat menentukan alat-alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran kecil dengan tepat
1.
Karung Goni
2.
Lap Basah
35.
Peserta didik dapat menuliskan upaya mencegah kebakaran dengan benar
1.
Tidak membuang puntung rokok sembarangan
2.
Menjauhkan lilin yang menyala dari bahan-bahan yang mudah terbakar
36.
Peserta didik dapat menuliskan manfaat penampungan air hujan di Jakarta dengan tepat
Manfaat penampungan air hujan di Jakarta
1.
Mencegah / menghindari banjir
2.
Olah Raga Air dayung renang dll
3.
Rekreasi /wisata
37.
Peserta didik dapat menjelaskan manfaat terumbu karang bagi kelestarian biota laut dengan benar
-
rumah bagi jenis mahkluk hidup di laut
-
Tempat berkembang biak ikan dan makhuk hidup di laut
-
Tempat berlindung makhuk hidup di laut
-
Mencegah abrasi
38.
Peserta didik dapat memberi contoh etika penumpang di kendaraan umum dengan benar
-
mendahulukan penumbang yang lebih memerlukan ( orngtua , ibu hamil dan orang cacat dan lain- lain )
-
tidak meludah sembarangan
-
Tidak merokok dalam bus
39.
Peserta didik dapat menjelaskan upaya-upaya untuk menjaga fasilitas umum dengan benar
-
Tidak mencorek – coret fasilitas umum
-
Menggunakan sesuai dengan peruntukannya
-
Tidak membuang sampah sembarangan tempat
40.
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu upaya melestarikan tarian tradisional Betawi
-
mempelajari budaya betawi
-
Mementaskanbudaya betawi
-
Mengunjungi tempat tempat cagar budaya betawi
-
Mengadakan festival kesenian betawi