Rangkuman Materi Ujian Sekolah (US) PKn Berdasarkan Kisi-kisi US 2018 - Berikut ini merupakan rangkuman materi yang disajikan untuk pembelajaran dalam menghadapi Ujian Sekolah (US) PKn Berdasarkan Kisi-kisi US 2018 KTSP. Semoga rangkuman ini dapat bermanfaat bagi peserta didik maupun pendidik dalam menyampaikan materi Ujian Sekolah (US).
RANGKUMAN MATERI UJIAN SEKOLAH (US) PKN BERDASARKAN KISI-KISI US
By : ANDRE PRIMA
1. Peserta didik dapat menentukan pasal dalam UUD 1945 yang memuat bentuk negara Indonesia dengan benar
Pasal 1 Ayat 1 “Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik”.
2. Peserta didik dapat menentukan makna dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan benar
Negara Indonesia merupakan negara kesatuan. Negara Indonesia berbentuk Republik, karena negara Indonesia berdiri pada satu wilayah dan dipimpin oleh pemimpin negara yang disebut dengan Presiden
3. Peserta didik dapat menentukan sikap yang dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa
sikap yang dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa seperti :
• Saling menghormati antar sesama umat beragama
• Menghargai pendapat oranglain
• Mempererat tali silatuhrami antar sesama
• Tidak membeda-bedakan ras suku maupun agama
• Saling bekerjasama dalah hidup bermasyarakat
4. Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk cinta tanah air di lingkungan sekolah
• Belajar dengan sungguh-sungguh
• Mengikuti upacara bendera dengan khitmad
• Mengikuti kegiatan hari besar nasional
5. Peserta didik dapat menentukan sikap sebagai warga negara yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar
• Mengikuti setiap kegiatan dilingkungan masyarakat
• Mempererat tali silaturahmi antar sesama warga
• Membantu tetangga yang terkena musibah
• Saling bergotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan
6. Disajikan tabel pernyataan tentang tujuan negara, peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan NKRI berdasarkan pembukaan UUD 1945 alinea IV dengan benar
Tujuan NKRI berdasarkan pembukaan UUD 1945 alinea IV adalah sebagai berikut :
No Pernyataan
1 melindungi seluruh bangsa Indonesia
2 memajukan kesejahteraan umum
3 mencerdaskan kehidupan bangsa
4 ikut melaksanakan ketertiban dunia
7. Peserta didik dapat menentukan gambar tentang nilai persatuan di rumah dengan benar
Contoh gambar :
--- Gambar : Anak membantu Ibu/Ayahnya ---
8. Peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan nilai persatuan di sekolah dengan benar
• Melaksanakan piket bersama
• Melaksanakan kerja bakti bersama
• Saling menjaga kebersihan sekolah, dll
9. Peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat dengan benar
• Membantu tetangga yang terkena musibah
• Saling bergotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan
• Menghargai perbedaan pendapat
10. Disajikan Ilustrasi tentang kehidupan masyarakat yang penuh dengan nilai persatuan dan kesatuan, peserta didik dapat memprediksi dampak buruk hilangnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat tersebut dengan benar
Dampak buruk hilangnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat yaitu :
• Dapat menimbulkan perpecahan antar sesama masyarakat
• Dapat menimbulkan perpecahan antar umat beragama
• Hilangnya norma-norma serta etika hidup bermasyarakat
11. Disajikan naskah teks sumpahpemuda, peserta didik dapat mengidentifikasi makna yang terkandung di dalamnya dengan benar
SUMPAH PEMUDA
1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
makna yang terkandung pada teks sumpah pemuda adalah
• Memberikan penekanan untuk menghargai perjuangan Indonesia
• Memberikan semangat untuk berjuang
• Memberikan makna untuk mencintai Indonesia dengan segenap hati
• Memberikan penekanan untuk bangga menjadi bagian dari Indonesia
• Memberikan penekanan untuk mencintai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
• Mengajak untuk bersama-sama dalam menjaga keutuhan NKRI
12. Peserta didik dapat menentukan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar
Nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Selalu hidup damai dan toleransi antar umat beragama di negara
• Tidak membeda bedakan teman
• Tidak membedakan agama, suku, bahasa
• Bekerja sama dalam menyelesaikan mslh
• Memiliki semangat yg tinggi untuk menjunjung nilai kesatuan dan persatuan
• Bergotong royong
13. Disajikan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan makna yang sesuai dengan sila ke 1 Pancasila dengan benar
Ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ke 1
Sila ke 1 : Ketuhanan Yang Maha Esa
• Rajin beribadah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa
• Selalu mengikuti acara besar keagamaan sesuai dengan keyakinannya
14. Disajikan tabel tentang makna Pancasila, peserta didik dapat menentukan makna yang sesuai dengan pengamalan sila ke 3 Pancasila dengan benar
Sila ke 3 : Persatuan Indonesia
No Pernyataan
1 Memberikan bantuan kepada korban bencana alam
2 Hidup rukun antar sesama warga
3 Ikut gotong royong di sekolah dan masyarakat
4 Saling menghormati antar umat beragama
15. Disajikan tabel tentang nilai-nilai Pancasila, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai yang sesuai dengan sila ke 3 Pancasila dengan benar
Sila ke 3 : Persatuan Indonesia
1) Di lingkungan keluarga:
a. Mencintai sesama anggota keluarga dan membina kerukunan serta keutuhan keluarga.
b. Mengutamakan kepentingan keluarga.
c. Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga.
d. Saling menyayangi, tolong-menolong, saling menghormati, dan menghargai serta bergotong-royong di antara sesama anggota keluarga.
e. Memajukan pergaulan demi keutuhan keluarga.
f. Menjaga, memelihara dan mempunyai rasa memiliki harta benda keluarga.
2) Di lingkungan masyarakat:
a) Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
b) Mengembangkan transmigrasi.
c) Giat mengikuti sistem keamanan lingkungan dan bela negara.
d) Saling tukar kesenian daerah.
e) Bergaul dengan masyarakat tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.
f) Meningkatkan pariwisata dalam negeri.
g) Mencintai dan membeli produk bangsa Indonesia.
16. Peserta didik dapat menentukan gambar yang sesuai dengan nilai sila ke 2 Pancasila dengan benar
Sila Kedua : Kemanusiaan yang adil dan beradab
Contoh gambar
---Gambar: Memberikan bantuan kepada yang tidak mampu---
17. Peserta didik dapat menentukan nilai yang terkandung dalam sila ke 5 Pancasila dengan benar
Sila Ke 5 : Keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia
• Tidak boleh membeda-bedakan antara orang miskin atau kaya
• Menghargai hasil karya orang lain
18. Peserta didik dapat menentukan sikap dalam kehidupan di lingkungan sekolah yang sesuai dengan sila ke 3 Pancasila dengan benar
a) Menghindari sikap dan perilaku yang mencemarkan nama baik sekolah.
b) Mencintai dan saling menghormati antarteman, guru dan petugas sekolah.
c) Mengutamakan kepentingan sekolah.
d) Bergaul dengan teman tanpa saling mengejek dan membedakan antarsuku, agama, ras, dan golongan.
e) Mengikuti upacara dengan tertib.
f) Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan serta tidak mencoret-coret dinding dan sarana lainnya.
g) Menggunakan bahasa daerah dan nasional secara baik dan benar.
h) Rajin mengembangkan usaha-usaha memajukan diri, misalnya giat belajar, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, gemar membaca, dan memperdalam bidang keahliannya.
i) Tertib membayar uang sekolah.
19. Peserta didik dapat menentukan perilaku di lingkungan rumah yang sesuai dengan sila ke 2 Pancasila dengan benar
Perilaku di lingkungan rumah yang sesuai dengan sila ke 2
Sila Kedua : Kemanusiaan yang adil dan beradab
1. Bersikap adil kepada seluruh anggota keluarga
2. Berbicara yang sopan kepada kedua orangtua dan orang yang lebih tua
3. Beretika yang baik saat berada didalam rumah
4. Mencintai, menghormati dan menaati nasihat orang tua
20. Disajikan tabel tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ke 2 Pancasila dengan benar
Contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ke 2
• Tidak merendahkan dan menyakiti perasaan teman
• Berbicara yang sopan kepada guru dan kepala sekolah
• Memiliki etika yang baik dalam berteman
• Tidak memilih teman saat di sekolah
21. Disajikan gambar tentang kegiatan sehari-hari di lingkungan masyarakat, peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ke 4 Pancasila dengan benar
Sila ke 4 : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Contoh gambar :
---Gambar : Orang-orang yang sedang bermusyawarah---
Selalu bermusyawarah dalam pengambilan keputusan
22. Disajikan gambar kegiatan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat, peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan sila ke 5 Pancasila dengan benar
Contoh gambar :
---Gambar : Tidak membeda-bedakan jika ingin memberi---
23. Disajikan pernyataan tentang kegiatan sehari-sehari, peserta didik dapat mengelompokan perilaku yang sesuai dengan sila ke 1 Pancasila dengan benar
• Saling menghormati antar umat beragama
• Percaya dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa
24. Peserta didik dapat menentukan makna Bhinneka Tunggal Ika dengan benar
Makna Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetap satu jua)
Walaupun kita berbeda suku ras agama budaya dan bahasa, akan tetapi kita tetap bersaudara dan bersatu didalam Bangsa, Bangsa Indonesia.
25. Disajikan ilustrasi tentang keanekaragaman sosial (suku, ras, etnis, agama), peserta didik dapat menunjukkan perilaku persatuan bangsa dalam lingkungan masyarakat dengan benar
Contoh Ilustrasi :
Made beragama Hindu, Ia berteman dengan Fauzan yang beragama Islam. saat sedang belajar kelompok bersama Fauzan mendengar suara adzan, Ia meminta ijin pada Made untuk melaksanakan ibadahnya.
sikap Made sebaiknya .... (mempersilahkan Fauzan melaksanakan ibadahnya)
26. Disajikan gambar tentang budaya bangsa Indonesia peserta didik dapat menentukan asal daerah budaya dengan benar
Di soal nanti akan ada gambar tentang budaya bangsa Indonesia. Siswa harus dapat menjawab asal daerah budaya dengan benar
27. Disajikan ilustrasi tentang pertunjukan budaya daerah tertentu peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan keragaman budaya bangsa Indonesia dalam Bhinneka Tunggal Ika dengan tepat.
Salah satu tarian tradisional daerah Yogyakarta yang sangat terkenal ialah tarian Serimpi. Biasanya tarian ini di bawakan oleh empat orang perempuan berparas cantik nan anggun. Lemah gemulai pada setiap gerakan yang dilakukan oleh para penari.
Tarian serimpi menunjukan perilaku yang menggambarkan kesopanan dan perilaku santun yang dimiliki oleh masyarakat sekitar.
28. Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya hidup dalam keberagaman di lingkungan masyarakat/sekolah dengan tepat
Menerima keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa merupakan cerminan bangsa yang besar.
29. Disajikan ilustrasi tentang keberagaman di bidang sosial/ekonomi peserta didik dapat menunjukkan manfaat dari keberagaman dengan benar
Manfaat dari keberagaman tersebut adalah kebutuhan pokok akan terpenuhi
30. Peserta didik dapat menentukan perilaku melestarikan budaya daerah dengan benar
• melestarikan ragam budaya daerah seperti mempelajari tariannya maupun lagunya
• mengapresiasi pertunjukan budaya daerah, dll
31. Peserta didik dapat menentukan manfaat melestarikan budaya daerah dengan benar.
Manfaat menjaga dan melestarikan budaya lokal
1. memperkaya khasanah kebudayaan bangsa Indonesia,
2. menambah pendapatan Negara karena digunakan sebagai obyek wisata,
3. menyelamatkan keberadaan benda peninggalan sejarah, sehingga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang, serta
4. membantu dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan dengan memanfaatkan untuk obyek penelitian
32. Peserta didik dapat menentukan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya dengan benar
- Mau mempelajari budaya tersebut, baik hanya sekedar mengenal atau bisa juga dengan ikut mempraktikkannya dalam kehidupan kita.
- Ikut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan, misalnya :
- Mengajarkan kebudayaan itu pada generasi penerus sehingga kebudayaan itu tidak musnah dan tetap dapat bertahan.
- Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain.
- Mempraktikkan penggunaan budaya itu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya budaya berbahasa.
- Menghilangkan perasaan gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki.
33. Peserta didik dapat menentukan perilaku yang dapat memperkokoh semangat kebangsaan dengan benar
1. Mengikuti upacara pada Peringatan Hari Kemerdekaan
2. Kerja bakti untuk membersihkan lingkungan
3. Mencintai negara dengan segenap jiwa
4. Mengetahui perannya dalam berbangsa dan bernegara
5. Mempelajari proses para pejuang dahulu dalam meraih kemerdekaan
34. Peserta didik dapat menentukan manfaat adanya semangat kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari
- Tumbuhnya sikap saling menghormati, bekerjasama dan gotong royong dalam masyarakat
- Indonesia bisa menjadi negara yang dikenal sebagai negara yang mandiri dan negara maju
35. Disajikan ilustrasi tentang maraknya budaya dari mancanegara peserta didik dapat memprediksi kejadian jika budaya mancanegara tersebut tidak disaring dengan benar.
Prediksi kejadian jika budaya mancanegara tersebut tidak disaring dengan benar
• Hilangnya norma-norma serta etika dalam hidup bermasyarakat
• Para remaja akan mengikuti budaya mancanegara mulai dari berpakaian, tutur kata hingga pergaulan
36. Disajikan Ilustrasi peserta didik dapat mengemukakan pendapat tentang terjadinya perkelahian antar pelajar dengan tepat
Terjadinya kenakalan remaja akan memperpecah persatuan dan kesatuan bangsa
37. Disajikan Ilustrasi tentang pentingnya nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat, peserta didik dapat menjelaskan akibat jika tidak adanya nilai-nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat dengan benar
Contoh ilustrasi : RT.006 selalu mengadakan kerja bakti setiap hari minggu agar lingkungan selalu bersih dan asri
Akibat jika tidak adanya nilai-nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat berdasarkan iustrasi tersebut yaitu :
• Lingkungan akan menjadi kotor / kumuh
• Lingkungan kotor akan menjadi sarang penyakit
• Kurangnya tali silaturahmi antar warga
38. Disajikan ilustrasi tentang bencana alam, peserta didik dapat menuliskan makna yang sesuai dengan sila ke 2 Pancasila dengan tepat
Sila kedua : Kemanusiaan yang adil dan beradab
Bencana alam : Banjir, longsor, kebakaran, dll
Makna yang sesuai dengan sila kedua yaitu :
• Memberikan bantuan kepada korban bencana alam secara menyeluruh
• Memberikan santunan kepada korban bencana alam
39. Disajikan ilustrasi pemilihan ketua kelas, peserta didik dapat menyimpulkan sikap yang sesuai dengan sila ke 4 Pancasila dengan tepat
Ilustrasi : Suasana pemilihan kelas
Sila ke 4 : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Sikap yang sesuai dengan sila ke 4 yaitu :
• Pengambilan keputusan harus dilakukan secara musyawarah
• Menerima hasil keputusan dengan lapang dada
• Menghargai pendapat oranglain
40. Peserta didik dapat memberikan contoh kegiatan yang dapat memperkokoh persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan tepat
Contoh kegiatan yang dapat memperkokoh persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
• Gotong Royong
• Bermusyawarah
• malakukan kerja sama, dll.