Soal PH Kelas 6 Tema 2 Pelajaran PPKn KD 3.4 Revisi Kurikulum 2013 - Berikut ini merupakan contoh soal ulangan harian atau Penilaian Harian (PH) tema 2 kelas 6 pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kompetensi dasar atau KD 3.4 revisi kurikulum 2013. Soal ulangan tema 2 kelas 6 ini disusun untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan.
Semoga soal ulangan tema 2 kelas 6 pelajaran PPKn KD 3.4 ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.
1. Perhatikan kutipan bacaan berikut ini !
Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat. Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa Timur, dan Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo.
Di Kampung Cempaka, rumah mereka bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka sangat akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain.
Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Bersama anak-anak lain di Kampung Cempaka, mereka setiap akhir minggu berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke rumah warga, membantu melakukan apa saja yang dibutuhkan warga.
Kadang-kadang mereka membantu warga lanjut usia, sekadar membereskan rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka juga membantu orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.
Dari Toni, mereka belajar menari Barongsai. Lalu mereka ajarkan tarian itu kepada anak-anak sekampung. Sementara itu, setiap tiba saat panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga membuat Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari daerah Tengger yang dibuat untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya.
Sikap toleransi yang ditunjukkan pada bacaan tersebut yaitu ....
A. hidup berdampingan namun tidak rukun
B. mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika
C. perbedaan menjadikan warganya tidak dapat bersatu
D. membantu warga lain dengan mengharapkan imbalan
2. Manfaat hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari yaitu ....
A. tanggung jawab sebagai warga akan bertambah
B. tidak perlu lagi gotong royong
C. hidup serba kekurangan
D. hidup lebih tenang
3. Negara Indonesia dibangun berdasarkan persatuan. Seluruh generasi bahu membahu membangun bangsa Indonesia yang bebas dari negara penjajah. Dapatkah kamu bayangkan, apabila saat itu mereka tidak bersatu yang terjadi adalah ....
A. tetap mendapatkan kemenangan
B. penjajah tetap mengalami kekalahan
C. bangsa Indonesia akan mengalami kekalahan
D. akan bertambahnya kekuatan bangsa Indonesia
4. Menjaga kerukunan di lingkungan tempat tinggal kita merupakan tugas ....
A. setiap warga
B. Pemerintah
C. Tetangga
D. Polisi
5. Salah satu contoh penerapan sikap yang menunjukan kerjasama dalam kehidupanmu sehari-hari yaitu ....
A. membuat tugas dari guru
B. melaksanakan ibadah rutin
C. membersihkan kamar sendiri
D. mengikuti kegiatan gotong royong
6. Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia juga dilakukan melalui upaya diplomasi untuk mencapai ....
A. keseragaman
B. kemerdekaan
C. kesepakatan
D. kekuatan
7. Rakyat Surabaya tidak gentar menghadapi serangan dari penjajah. Rakyat Surabaya sudah menunjukan sikap ....
A. mandiri
B. toleransi
C. percaya diri
D. semangat juang
8. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban ....
A. Seluruh rakyat Indonesia
B. Para Pahlawan
C. Bangsa Asing
D. Pemerintah
9. Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di Sekolah adalah ....
A. melaksanakan tugas kelompok secara bersama-sama
B. melaksanakan piket kelas kalau ditunjuk oleh guru
C. mengerjakan sendiri tugas kelompok
D. selalu datang terlambat ke sekolah
10. Kerjasama diperlukan dalam sebuah permainan agar ....
A. mendapatkan sponsor yang menarik
B. menjadi lebih terkenal di mata dunia
C. tim menjadi kompak dan menang
D. penonton semakin gembira