Soal PH Kelas 6 Tema 2 Bahasa Indonesia KD 3.4 Revisi Kurikulum 2013 - Berikut ini merupakan contoh soal Penilaian Harian atau Ulangan Harian (PH) Kelas 6 Tema 2 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek : apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Soal ini disusun berdasarkan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dan ditujukan agar siswa-siswi khususnya kelas 6 sekolah dasar lebih memahami materi tersebut.
Berikut ini contoh soal PH Kelas 6 Tema 2 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 Revisi Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
1. Achmad Soebarjo lahir di Karawang, 23 Maret 1896 dan wafat pada 15 Desember 1978. Achmad Soebardjo menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Achmad Soebardjo merupakan perwakilan dari golongan tua pada saat proklamasi. Beliau ikut menyusun konsep teks proklamasi bersama Bung Karno dan Bung Hatta.
Pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf tersebut adalah ....
a. Mengapa Achmad Soebardjo terpilih sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama?
b. Bagaimana peran Achmad Soebardjo saat menjadi Menteri Luar Negeri?
c. Di mana Achmad Soebardjo meninggal?
d. Apa peran Achmad Soebardjo dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia?
2. Jepang memang menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia. Namun, para pemuda menginginkan proklamasi kemerdekaan tidak dicampuri oleh Jepang. Oleh sebab itu, pemuda memaksa Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Pemuda ingin menunjukkan bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan hasil dari pemberian bangsa asing. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia membuktikan keberhasilan bangsa Indonesia mengusir penjajah.
Informasi penting yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. bangsa Indonesia membutuhkan pengakuan dari bangsa Jepang
b. bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mandiri
c. bangsa Indonesia menginginkan kemerdekaan dari Jepang
d. bangsa Indonesia lahir dari penjajah Jepang
3.Bandung lautan api adalah peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Bandung. Peristiwa ini terjadi pada 23 Maret 1946. Peristiwa tersebut dilatarbelakangi keinginan untuk mencegah tentara Sekutu dan NICA Belanda menjadikan Kota Bandung sebagai markas strategi militer. Dalam waktu tujuh jam, 200 penduduk Bandung membakar rumah dan meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan Bandung.
Jawaban yang tepat dari kata tanya mengapa sesuai teks tersebut adalah ....
a. Bandung lautan api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung.
b. Peristiwa Bandung Lautan Api dilakukan oleh 200 ribu penduduk Bandung.
c. Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada 23 Maret 1946.
d. Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi untuk mencegah tentara Sekutu dan NICA Belanda menjadikan Kota Bandung sebagai markas strategi militer
4. Bandung lautan api adalah peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Bandung. Peristiwa ini terjadi pada 23 Maret 1946. Peristiwa tersebut dilatarbelakangi keinginan untuk mencegah tentara Sekutu dan NICA Belanda menjadikan Kota Bandung sebagai markas strategi militer. Dalam waktu tujuh jam, 200 penduduk Bandung membakar rumah dan meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan Bandung. . Pertanyaan berikut yang jawabannya tidak sesuai dengan isi teks adalah ....
a. Kapan peristiwa Bandung Lautan Api terjadi?
b. Siapa yang memimpin peristiwa Bandung Lautan Api?
c. Apa yang melatarbelakangi peristiwa Bandung Lautan Api?
d. Bagaimana terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api?
5. Perhatikan teks sejarah berikut!Latar belakang para pahlawan kemerdekaan Indonesia berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para pahlawan memiliki keahlian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula yang memiliki kemampuan negosiasi atau orasi. Perbedaan keahlian tersebut mereka gunakan untuk tujuan menggapai kemerdekaan Indonesia.
Informasi penting paragraf pada teks sejarah tersebut adalah .…
a. perbedaan latar belakang para pahlawan kemerdekaan
b. tujuan para pahlawan kemerdekaan
c. kemampuan setiap pahlawan kemerdekaan
d. upaya mencapai kemerdekaan Indonesia
6.B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Naskah tersebut kemudian dikembalikan kepada bangsa Indonesia. B.M. Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kepada Presiden Soeharto pada Selasa, 19 Mei 1992. Naskah asli proklamasi kemudian disimpan di Arsip Nasional RI, Jakarta. Berkat B.M. Diah, kini bangsa Indonesia dapat melihat naskah asli proklamasi.
Kalimat tanya yang sesuai isi teks sejarah tersebut adalah ....
a. Bagaimana B.M. Diah menemukan naskah asli proklamasi?
b. Berapa lama B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi?
c. Mengapa B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi?
d. Apa yang melatarbelakangi B.M. Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kepada Presiden Soeharto?
7. Perhatikan teks sejarah berikut!B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Naskah tersebut kemudian dikembalikan kepada bangsa Indonesia. B.M. Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kepada Presiden Soeharto pada Selasa, 19 Mei 1992. Naskah asli proklamasi kemudian disimpan di Arsip Nasional RI, Jakarta. Berkat B.M. Diah, kini bangsa Indonesia dapat melihat naskah asli proklamasi.
Kalimat tanya yang sesuai isi teks sejarah tersebut adalah ....
a. Bagaimana B.M. Diah menemukan naskah asli proklamasi?
b. Berapa lama B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi?
c. Mengapa B.M. Diah menyimpan naskah asli proklamasi?
d. Apa yang melatarbelakangi B.M. Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kepada PresidenSoeharto?
8. Perhatikan teks sejarah berikut!Di Indonesia terdapat peribahasa "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh." Peribahasa tersebut memiliki arti mendalam bagi bangsa Indonesia. Apabila kita bersatu, kita akan menjadi bangsa yang kuat. Namun apabila kita terpecah belah, kita akan hancur. Peribahasa tersebut sesuai dengan keperibadian bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman.
Kata tidak baku pada teks sejarah tersebut adalah ....
a. peribahasa
b. keperibadian
c. keberagaman
d. bercerai
9. Perhatikan teks sejarah berikut!Di Indonesia terdapat peribahasa "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh." Peribahasa tersebut memiliki arti mendalam bagi bangsa Indonesia. Apabila kita bersatu, kita akan menjadi bangsa yang kuat. Namun apabila kita terpecah belah, kita akan hancur. Peribahasa tersebut sesuai dengan keperibadian bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman.
Informasi berdasarkan aspek siapa pada teks tersebut adalah ....
a. Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih pertama kali dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno.
b. Warna merah dan putih pada bendera bangsa Indonesia saling melengkapi karena merah memiliki arti berani dan melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih berarti suci dan
melambangkan jiwa manusia.
c. Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih terakhir dikibarkan tahun 1968 karena usianya sudah tua. Untuk menggantikan bendera pusaka, pemerintah membuat duplikat dengan ukuran 300 × 200 cm.
d. Sejak tahun 1946 sampai 1968, Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih hanya dikibarkan saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia.
10. Perhatikan teks sejarah berikut!Latar belakang para pahlawan kemerdekaan Indonesia berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para pahlawan memiliki keahlian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula yang memiliki kemampuan negosiasi atau orasi. Perbedaan keahlian tersebut mereka gunakan untuk tujuan menggapai kemerdekaan Indonesia.
Informasi penting paragraf pada teks sejarah tersebut adalah ....
a. perbedaan latar belakang para pahlawan kemerdekaan
b. tujuan para pahlawan kemerdekaan
c. kemampuan setiap pahlawan kemerdekaan
d. upaya mencapai kemerdekaan Indonesia