Soal PTS Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013 - Berikut ini merupakan contoh latihan soal PTS tema 7 kelas 4 semester 2 kurikulum 2013. Soal PTS kelas 4 ini memuat soal-soal pada tema 7 "Indahnya Keragaman Negeriku" kurikulum 2013. Soal PTS Kelas 4 Tema 7 Semester 2 ini dapat dijadikan referensi bagi pendidikan maupun bahan pelajaran bagi peserta didik karena soal ini dilengkapi dengan Kisi-kisi soal berserta kunci jawabannya. Soal ini disusun dan mengacu pada Kompetensi Dasar (KD) serta materi yang terdapat pada tema 7 kelas 4 semester 2.
Materi pada soal PTS kelas 4 tema 7 ini dibagi menjadi 2 bagian / termin yaitu Soal PTS Kelas 4 tema 7 termin 1 dan Soal PTS Kelas 4 tema 7 termin 2 kurikulum 2013. Pada postingan ini, soal-soal yang saya tampilkan yaitu soal PTS tema 7 termin 1. Kompetensi Dasar pada tema 7 termin 1 antara lain :
- PPKn 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
- Bahasa Indonesia 3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
- IPA 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
Jika ingin melihat contoh Soal PTS Kelas 4 tema 7 termin 2, silahkan klik link berikut ini :
PPKn 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
1. Walaupun negara kita memiliki keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya tidak menjadi penghalang untuk tetap bersatu. Karena Negara kita memiliki semboyan yang menjadi pemersatu bangsa. Semboyan yang dimaksud adalah ….
A. Ing Madya Mangun Karsa
B. Ing Ngarsa Sung Tulada
C. Tut Wuri Handayani
D. Bhineka tunggal ika
2. Indonesia memiliki keragaman agama. Negara menjamin kebebasan setiap pemeluk agama untuk menjalankan ibadahnya. Salah satu upaya kita dalam menghargai keberagaman tersebut yaitu dengan cara ….
A. melarang oranglain membaca kitab suci agamanya
B. mempengaruhi oranglain agar tidak melakukan ibadah
C. mempersilahkan oranglain menjalankan hari raya keagamaanya
D. mempengaruhi oranglain agar mau mengikuti agama yang kita anut
3. Keragaman suku hendaknya menjadi kekayaan bangsa. Untuk itu kita harus saling ….
A. menghargai
B. berselisih
C. bertengkar
D. bermusuhan
4. Manfaat menjalin kebersamaan dan keberagaman antar suku yaitu ….
A. kehidupan akan semakin sulit
B. kita akan hidup damai
C. budaya akan tersaingi
D. tidak ada manfaatnya
5. Ada banyak sekali suku bangsa di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari ….
A. Asia sampai Australia
B. Aceh sampai Irian Jaya
C. Pulau Jawa sampai Bali
D. Sabang sampai Marauke
6. Salah satu upaya untuk melestarikan keragaman budaya Indonesia yaitu ….
A. tidak perlu mengadakan kegiatan budaya nasional yang akan memakan banyak biaya
B. menjaga kelestarian budaya nasional secara ketat sehingga masyarakat luar tidak tahu
C. mengadakan kegiatan pengenalan dan penyebaran budaya nasional kepada masyarakat
D. menyerahkan kebudayaan nasional kepada bangsa lain agar kita tidak perlu menjaganya
7. Keragaman budaya di Indonesia dapat terlihat dari ….
A. kesenian daerahnya
B. jenis pekerjaannya
C. warna pakaiannya
D. film kesukaannya
8. Biasanya tiap daerah memiliki cara tersendiri untuk menghargai budaya daerahnya. Salah satunya yaitu ….
A. mengadakan seminar ke daerah lain untuk mengenalkan budayanya
B. mengadakan upacara ritual sebagaibentuk rasa syukur kepada Tuhan YME
C. mengadakan jalan-jalan atau wisata keliling ke luar negeri bersama keluarga
D. mengadakan kegiatan resmi seperti rapat untuk membicarakan kemajuan daerahnya
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
9. Indonesia memiliki keragaman agama . Jumlah agama yang diakui di Indonesia yaitu ….
10. Sikap toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah merupakan pengamalan sila ke ....
11. Perhatikan tabel berikut ini !
No Pernyataan
1 Kerja kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru
2 Memberikan contekan kepada teman saat ujian sekolah
3 Menolong teman yang sedang membutuhkan bantuan
4 Membantu teman yang lupa mengerjakan PR
Contoh perilaku hidup rukun ditunjukan oleh nomor ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
12. Upaya apa yang dapat kita lakukan untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI ?
13. Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghargai keberagaman sosial budaya ?
Bahasa Indonesia 3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
14. Perhatikan bacaan berikut !
Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini ditempati oleh Papua Nugini dengan jumlah bahasa mencapai 867 bahasa. Selanjutnya Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah bahasa sebanyak 742 bahasa.
Ide pokok bacaan tersebut adalah ….
A. Jumlah bahasa terbanyak di dunia
B. Indonesia menempati posisi kedua
C. Papua Nugini menempati posisi pertama
D. Jumlah bahasa Papua Nugini yaitu 867 bahasa
15. Perhatikan bacaan berikut !
Bahasa menjadi alat untuk berkomunikasi. Amatilah teman-teman di lingkungan sekitar tempat tinggalmu atau di kelasmu! Bagaimana cara mereka berkomunikasi? Adakah temanmu yang menggunakan dialek atau bahasa berbeda?
Arti kata yang bercetak tebal pada bacaan tersebut adalah ….
A. ragam bahasa yang berbeda-beda
B. bahasa yang diakui oleh bangsa
C. cara berkomunikasi dua arah
D. bahasa pemersatu bangsa
16. Perhatikan bacaan berikut !
Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat. Karnaval ini diharapkan dapat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa di Indonesia ini terdapat keragaman suku bangsa. Keragaman itu terlihat dari kostum, atribut, dan lambang yang dikenakan para peserta karnaval.
Kata sulit pada bacaan tersebut adalah ….
A. lambang, peserta dan upaya
B. karnaval, edukasi dan atribut
C. kostum, terlihat dan karnaval
D. Indonesia, meneguhkan dan suku
17. Perhatikan bacaan berikut !
Indonesia kaya akan seni dan tradisi peninggalan nenek moyang kita. Setiap daerah memiliki kesenian khas. Begitu pula daerah Sumatra Utara suku bangsa Batak di Sumatra Utara memiliki seni musik yang disebut uning-uningan. Seni musik uning-uningan ini menggunakan banyak alat musik tradisional Sumatra Utara.
Informasi penting yang terdapat pada bacaan tersebut adalah ….
A. Sumatra Utara memiliki seni musik yang disebut uning-uningan
B. Seni dan tradisi merupakan peninggalan nenek moyang kita
C. Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional
D. Sumatra Utara berada di sebelah barat Indonesia
18. Perhatikan bacaan berikut !
Kebanyakan peserta lomba menampilkan tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Gagasan utama bacaan tersebut adalah ….
A. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang
B. Peserta ada yang menampilkan tari Ranup Lam Puan
C. Kebanyakan peserta lomba menampilkan tari daerah Aceh
D. Ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain
19. Untuk mencari arti dari kata-kata sulit, bisa kita gunakan ….
A. Buku paket Pelajaran
B. Buku-buku Cerita anak
C. Buku Pengetahuan Umum
D. Kamus Besar Bahasa Indonesia
20. Kalimat yang menjadi permasalahan atau pokok pembicaraan disebut ….
A. Kalimat pengembang
B. Kata-kata sulit
C. Gagasan pokok
D. Kalimat penjelas
21. Kegiatan yang dapat dilakukan bersama teman untuk memecahkan suatu persoalan yaitu ….
A. diam
B. ngobrol
C. diskusi
D. bercanda
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 22 dan 23 !
Ki Hajar Dewantara diberi gelar sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Pemberian gelar itu ditetapkan pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. Gelar itu diberikan kepada Ki Hajar Dewantara atas jasa beliau merintis pendidikan umum di Indonesia. Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.
Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Nama aslinya Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Namun, pada usia 40, beliau berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Beliau tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas, karena beliau ingin dekat dengan rakyat.
22. Gelar Bapak Pendidikan Indonesia disematkan kepada ….
23. Kata yang bercetak tebal memiliki makna ….
24. Kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh suatu informasi kepada seseorang atau nara sumber disebut ….
25. Untuk mendapatkan informasi penting dari suatu bacaan, maka kita harus ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
26. Perhatikan bacaan berikut !
Kekayaan alam di Indonesia juga terkandung di perut bumi, yaitu berupa barang tambang. Di wilayah Indonesia terdapat barang tambang minyak dan gas (migas) serta barang tambang nonmigas. Contoh barang tambang nonmigas antara lain emas, perak, tembaga, batu bara, bijih besi, nikel, aluminium, intan, pasir besi, dan bauksit.
Tuliskan informasi-informasi penting dari bacaan tersebut !
IPA 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
27. Perhatikan gambar berikut !
Gaya yang diberikan pada gambar tersebut adalah ….
A. gaya gravitasi
B. gaya magnet
C. gaya listrik
D. gaya otot
28. Pernyataan berikut yang menunjukan adanya gaya gravitasi adalah ….
A. Andi dan teman-teman mendorong mobil yang mogok
B. Paku-paku tersebut menempel pada magnet
C. Lampu senter menyala saat dinyalakan
D. Buah kepala yang jatuh dari pohonnya
29. Gaya yang dihasilkan dari aliran listrik yang menyala disebut gaya ….
A. gaya gravitasi
B. gaya magnet
C. gaya listrik
D. gaya otot
30. Ketapel memanfaatkan gaya ….
A. gaya gravitasi
B. gaya magnet
C. gaya listrik
D. gaya otot
31. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik ….
A. diam
B. statis
C. tetap
D. dinamis
32. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya terjadi pada benda berikut yaitu ….
A. Kipas angin
B. Majicom
C. Lampu
D. Alarm
33. Perhatikan gambar alat-alat rumah tangga berikut ini !
Bentuk perubahan energi pada gambar tersebut yaitu ….
A. perubahan energi dari listrik ke bunyi terjadi pada gambar A dan B
B. perubahan energi dari listrik ke gerak terjadi pada gambar A dan B
C. perubahan energi dari kimia ke panas hanya terjadi pada gambar B
D. Perubahan energi dari listrik ke bunyi hanya terjadi pada gambar A
34. Benda yang dapat ditarik oleh magnet yaitu ….
A. pensil
B. peniti
C. kayu
D. kain
35. Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari ….
A. Logam
B. Plastik
C. Serat kain
D. karet
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
36. Dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk disebut ….
37. Gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi adalah gaya ….
38. Perhatikan gambar berikut ini !
Benda yang memanfaatkan gaya magnet ditunjukan oleh nomor ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
39. Tuliskan macam-macam gaya !
40. Perhatikan gambar berikut !
Tuliskan yang terjadi jika kedua magnet dihadapkan seperti pada gambar tersebut !
Semoga dapat bermanfaat.