Soal PTS Kelas 5 Tema 7 Semester 2 Kurikulum 2013 - Berikut ini merupakan contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) tema 7 "Peristiwa dalam kehidupan" untuk kelas 5 Sekolah Dasar lengkap dengan kisi-kisi dan kunci jawabannya. Soal PTS Tema 7 ini mengacu pada Kompetensi dasar yang telah ditentukan dan dibuat menjadi 2 termin atau bagian. Kisi-kisi soal PTS tema 7 kelas 5 ini mengembangkan kompetensi dasar menjadi sebuah indikator soal yang akan diujikan.
Soal PTS tema 7 termin 1 kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan acuan belajar bagi siswa-siswi dan dapat pula dijadikan referensi bagi para pendidik dalam menyusun soal PTS. Berikut contoh latihan soalnya. Semoga bermanfaat.
Contoh Soal PTS Kelas 5 Tema 7 Termin 1
PPKn
I. Berilah tanda silang (X) di huruf A, B, C atau D pada jawaban yang dianggap benar !
1. Adat-istiadat tiap daerah berbeda-beda. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sudah dijalankan secara turun-temurun dalam suatu suku. Salah satu kebiasaan yang dilakukan masyarakat daerah yaitu dengan melakukan ….
A. Upacara adat
B. Pesta di gedung
C. Upacara bendera
D. Hajatan dirumah
2. Masyarakat di Bali memiliki ciri khas dalam menjalankan kebiasaan adat-istiadatnya. Adat-istiadat tersebut yaitu ….
A. ngaben
B. lompat batu
C. sungkeman
D. srah-srahan
3. Upaya yang dapat dilakukan dalam melestarikan kebudayaan nasional antara lain ….
A. tidak perlu mengadakan kegiatan budaya nasioanal yang akan memakan banyak biaya
B. menjaga kelestarian budaya nasional secara ketat sehingga masyarakat luar tidak tahu
C. menyerahkan kebudayaan nasional kepada bangsa lain agar kita tidak perlu menjaganya
D. mengadakan kegiatan pengenalan dan penyebaran budaya nasional kepada masyarakat
4. Sikap yang harus ditunjukan dalam upaya melestarikan kebudayaan nasional yaitu ….
A. bertanggung jawab
B. tidak perduli
C. acuh tak acuh
D. biasa-biasa saja
5. Bhineka tunggal ika memiliki makna ….
A. Bangsa Indonesia memiliki budaya yang sangat banyak dan beraneka ragam
B. Walaupun kita berbeda-beda suku, budaya dan bahasa, Agama kita tetap sama
C. Walaupun kita berbeda suku, agama, bahasa dan ras kita tetap Bangsa Indonesia
D. Kesenian Bangsa Indonesia harus kita lestarikan dan kita jaga sampai akhir hayat
6. Perbedaan yang kita miliki merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita ….
A. rubah
B. biarkan
C. syukuri
D. acuhkan
7. Agama yang diakui di Indonesia berjumlah ….
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
8.
Perhatikan gambar berikut ini !
Pakaian adat pada gambar tersebut berasal dari daerah ….
A. Sumatera Barat
B. Jawa tengah
C. Papua
D. Riau
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
9. Perhatikan gambar berikut ini !
Gambar tersebut menunjukan sikap masyarakat Indonesia untuk saling ….
10. Menolong teman yang sedang membutuhkan bantuan harus dilakukan dengan ….
11. Melaksanakan musyawarah untuk mencapai mufakat merupakan amalan dari nilai-nilai Pancasila sila ke ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
Desa Sukamaju mendapat dana bantuan dari pemerintah untuk perbaikan ekonomi masyarakat. Kepala Desa mengadakan rapat untuk menentukan jenis bantuan yang akan diberikan kepada warga yang tidak mampu. Pak Doni dan Pak Badu bersikeras agar semua bantuan diwujudkan dalam bentuk binatang ternak, yaitu kambing dan sapi. Pak Ali mengusulkan agar bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan dan mata pencaharian warga. Misalnya, Pak Anto sebagai peternak bebek mendapat bantuan bebek. Bu Rita penjual nasi goreng dan Bu Parmi penjual barang kelontong mendapatkan bantuan berupa uang sebagai tambahan modal usaha. Namun, usul Pak Ali ini ditentang oleh Pak Doni dan Pak Badu karena tidak sesuai dengan pendapat mereka berdua.
12. Bagaimana sikap yang ditunjukan Pak Ali ?
13. Menurutmu, apakah sikap yang ditunjukan Pak Doni dan Pak Badu sudah sesuai menurut norma-norma dalam pancasila ?
Bahasa Indonesia
I.
Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 14 dan 17 !
Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.
Tujuan utama mereka yaitu mencari kekayaan berupa rempah-rempah. Sekitar abad XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.
Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.
14.
Apa tujuan utama bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra ?
Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah ….
A.
untuk berwisata keliling dunia
B.
untuk mencari rempah-rempah
C.
mencari kekayaan dan tanah jajahan
D.
menyebarkan agama kepada penduduka daerah
15.
Kapan bangsa Portugis mendarat di Malaka ?
Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah ….
A.
sekitar abad XV
B.
tahun 1511
C.
tahun 1521
D.
tahun 1596
16.
Mengapa bangsa Eropa menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya ?
Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah ….
A.
agar mereka mendapatkan pahala yang banyak
B.
agar mereka mendapatkan kekayaan dan tanah jajahan
C.
karna agama dapat dijadikan alat untuk menjajah dunia
D.
karna misi tersebut merupakan tugas suci yang harus dilaksanakan
17.
Arti kata yang bercetak tebal pada bacaan tersebut adalah ….
A.
didukung
B.
dihadang
C.
diterima
D.
dikuasai
II.
Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 18 dan 19!
Setelah mendengar berita Jepang menyerah kepada Sekutu, bangsa Indonesia mempersiapkan dirinya untuk merdeka. Perundingan-perundingan diadakan di antara para pemuda dengan tokoh-tokoh tua, maupun di antara para pemuda sendiri. Walaupun demikian, antara tokoh pemuda dan golongan tua sering terjadi perbedaan pendapat. Akibatnya, terjadilah “Peristiwa Rengasdengklok”. Pada tanggal 16 Agustus pukul 04.00 WIB, Bung Hatta dan Bung Karno beserta Ibu Fatmawati dan Guntur Soekarno Poetra dibawa oleh tokoh pemuda ke Rengasdengklok agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Tujuannya mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.
18.
Siapa yang membawa Bung Hatta dan Bung Karno ke Rengasdengklok ?
Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah ….
19.
Bagaimana cara yang dilakukan tokoh pemuda agar tokoh golongan tua tidak terpengaruh oleh Jepang ?
Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah ….
III.
Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
Perhatikan informasi bacaan berikut ini !
Ir. Soekarno merupakan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) dan Pahlawan Proklamator. Beliau menjadi Presiden RI sejak tahun 1945 sampai dengan 1967. Ir. Soekarno dikenal pandai berpidato dan menguasai beberapa bahasa asing sehingga dijuluki sebagai “Singa Podium”. Ir. Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901. Jenjang pendidikannya dimulai dari Indische School (IS) di Tulungagung. Setelah lulus, Soekarno melanjutkan pendidikannya di Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Jawa Timur; Hogene Burger School (HBS) Surabaya; dan Technische Hogere School (THS), sekarang menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Jawa Barat, dan memperoleh gelar insinyur.
20.
Tuliskan informasi penting dari teks atau narasi sejarah tersebut !