Bank Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 Semester 1 - Berikut ini merupakan kumpulan bank soal ulangan harian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 6 semester 1 yang dibuat untuk menguji pemaham-pemahaman terkait materi yang termuat pada pelajaran IPA kelas 6 semester 1.
SOAL EVALUASI KE I
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas / Semester
: VI / I
Hari / Tanggal
: ……………………………………..
Standar Kompetensi :
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas
A. Pilihlah jawaban yang benar !
1.
Makhluk hidup yang memiliki kaki yang beralur pararel dan lengket untuk merayap di dinding adalah ....
a. bunglon
b. cicak
c. kadal
d. iguana
2.
Punuk unta berfungsi untuk ....
a. cadangan air dan makanan
b. melindungi dari panas matahari
c. melindungi dari debu
d. supaya dapat berjalan di gurun pasir
3.
Kemampuan mahluk hidup untuk menentukan keadaan di sekitarnya dengan menggunakan bunyi pantul disebut ....
a. adaptasi
b. ekolokasi
c. mimikri
d. iritabilita
4.
Berikut ciri khusus teratai untuk beradaptasi di lingkungan air, kecuali ....
a. berdaun lebar
b. batang berongga-rongga
c. batang menggembung berisi cadangan air
d. akar menambat di dasar air
5.
Daun pada kaktus berubah bentuk menjadi duri bertujuan untuk ....
a. memperbanyak penguapan
b. menyimpan air
c. mencari air
d. mengurangi penguapan
6.
Kelelawar mempunyai kemampuan dalam sistem sonar dengan memanfaatkan bunyi ....
a. supersonic
b. audiosonik
c. infrasonik
d. ultrasonik
7.
Tujuan kantung semar menangkap serangga adalah memenuhi kebutuhan zat ....
a. hydrogen
b. nitrogen
c. oksigen
d. karbohidrat
8.
Agar dapat menyimpan cadangan air, tumbuhan kaktus memiliki ciri khusus, yaitu ....
a. daun berbentuk duri
b. akar pendek
c. akar panjang
d. batang menggembung
9.
Untuk menangkap mangsanya cicak memiliki ciri khusus, yaitu ....
a. kaki beralur dan lengket
b. mengubah warna kulit
c. lidah panjang dan lengket
d. memutuskan ekornya
10. Berikut ciri khusus yang dimiliki bebek, kecuali ....
a. memiliki lapisan minyak pada bulunya
b. memiliki selaput di antara jari kakinya
c. memiliki paruh yang pendek dan agak lebar
d. berkembang biak dengan cara bertelur
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Jelaskan tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!
2. Mengapa teratai memiliki batang yang berongga? Jelaskan!
3. Sebutkan ciri-ciri khusus pada unta!
4. Mengapa kelelawar dapat terbang pada malam hari? Jelaskan!
5. Jelaskan ciri khusus yang dimiliki kantung semar!
SOAL EVALUASI KE II
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas / Semester
: VI / I
Hari / Tanggal
: ……………………………………..
Standar Kompetensi :
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
Bentuk Soal
:
Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas
A. Pilihlah jawaban yang benar !
1.
Perkembangbiakkan secara kawin disebut juga ….
a. vegegatif
b. generatif
c. regenerasi
d. membelah diri
2.
Mahkluk hidup setiap hari bertambah banyak karena ….
a. hidup dan tumbuh
b. berkembangbiak
c. peka terhadap rangsangan
d. tumbuh dan bergerak
3.
Bawang merah berkembang biak dengan ....
a. umbi akar
b. umbi batang
c. umbi lapis
d. tunas
4.
Tahapan makhluk hidup menuju kedewasaan dimulai pada masa ….
a. embrio
b. janin
c. zigot
d. pubertas
5.
Berikut perubahan fisik ada laki-laki, kecuali ….
a. suara membesar
b. tumbuh kumis
c. panggul membesar
d. tumbuh jakun
6.
Salah satu ciri sederhana hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar adalah ….
a. menyusui anaknya
b. tidak berdaun telinga
c. hidup di dua alam
d. mengalami metamorfosis
7.
Tanaman pada gambar di samping, berkembang biak menggunakan ....
a. tunas adventif
b. geragih
c. setek
d. umbi lapis
8.
Perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara menempelkan kulit yang bertunas pada batang pohon induk disebut ….
a. mencangkok
b. menyetek
c. okulasi
d. kopulasi
9.
Pernyataan yang salah tentang perkembangbiakkan tumbuhan adalah ….
a. suplir berkembang biak dengan tunas
b. mangga berkembang biak dengan biji
c. cocor bebek bertunas dengan tunas adventif
d. pisang berkembang biak dengan tunas
10. Di bawah merupakan keuntungan perkembangbiakkan secara vegetatif, kecuali ….
a. tidak usah menunggu sampai pohon itu berbuah
b. cepat berbuah dan memberi hasil
c. sifatnya sama dengan induknya
d. tidak tahan terhadap hama
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1.
Apa yang dimaksud dengan berkembang biak!
2.
Gambarkan dan tuliskan bagian-bagian bunga lengkap!
3.
Jelaskan macam-macam penyebukan!
4.
Sebutkan perubahan-perubahan fisik pada laki-laki dan perempuan pada masa pubertas!
5.
Jelaskan ciri-ciri hewan bertelur (ovipar)!
SOAL EVALUASI KE III
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas / Semester
: VI / I
Hari / Tanggal
: ……………………………………..
Standar Kompetensi :
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Isian
A. Pilihlah jawaban yang benar !
1.
Tempat tinggal makhluk hidup disebut ....
a. komunitas
b. populasi
c. habitat
d. ekosistem
2.
Hewan yang diburu untuk dimanfaatkan atau diambil culanya adalah ....
a. gajah
b. harimau
c. badak
d. rusa
3.
Berikut yang termasuk faktor abiotik dalam ekosistem, kecuali ....
a. udara
b. tanah
c. air
d. sawah
4.
Zat kimia yang digunakan petani untuk menyuburkan tanaman adalah ....
a. pestisida
b. pupuk
c. formalin
d. DDT
5.
Perhatikan gambar berikut!
(Gambar Badak)
Bagian tubuh yang diambil dari hewan tersebut adalah ….
a. kaki
b. daging
c. cula
d. kulit
6.
Tumbuhan yang banyak dimanfaatkan karena tekstur kayunya bagus adalah ....
a. cendana
b. jambu
c. jati
d. pinus
7.
Jenis tumbuhan yang sering digunakan manusia untuk membuat bahan bangunan, meja dan kursi adalah ….
a. jati
b. jambu
c. bambu
d. padi
8.
Berikut ini jenis tumbuhan yang termasuk langka adalah ….
a. jambu air
b. rambutan
c. durian
d. raflesia
9.
Berikut ini akibat buruk yang ditimbulkan oleh penebangan hutan secara liar adalah ….
a. tersedia air bersih
b. banyak tersedia kayu
c. harga kayu murah
d. terjadi tanah longsor
10. Hewan menjadi langka karena hal-hal berikut, kecuali….
a. banyak pemangsanya
b. sedikit beranak
c. diburu manusia
d. tidak dapat terbang
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1.
Jelaskan perubahan lingkungan yang terjadi secara alami!
2.
Apa yang dimaksud dengan ekosistem?
3.
Jelaskan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk secara berlebihan!
4.
Jelaskan bagian-bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan sehingga mengarah pada pemusnahan jenis tertentu!
5.
Apa yang dimaksud dengan keseimbangan alam?
SOAL EVALUASI KE IV
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas / Semester
: VI / I
Hari / Tanggal
: ……………………………………..
Standar Kompetensi :
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat
Bentuk Soal
:
Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas
A. Pilihlah jawaban yang benar !
1.
Pohon cendana merupakan tumbuhan khas dari provinsi ....
a. NTB
b. NTT
c. Papua
d. Bali
2.
Berikut merupakan penyebab punahnya cendrawasih di Papua, kecuali ....
a. penebangan hutan
b. makin maraknya penangkapan
c. sifat reproduksinya lamban
d. perpindahan tempat hidup Cendrawasih
3.
Lingkungan yang ditempati makhluk hidup untuk melakukan kegiatan hidupnya seperti mencari makan, tumbuh dan berkembangbiak disebut ....
a. ekosistem
b. komunitas
c. habitat
d. teritorial
4.
Berikut merupakan beberapa hewan yang hampir punah, kecuali ....
a. Badak bercula satu
b. Badak bercula dua
c. Cendrawasih
d. Kasuari
5.
Yang merupakan salah satu tumbuhan yang hampir punah adalah ....
a. bunga gladiol
b. bunga bangkai
c. bunga tulip
d. bunga anggrek
6.
Usaha untuk melestarikan makhluk hidup yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menetapkan hal-hal sebagai berikut, kecuali ....
a. hutan lindung
b. cagar alam
c. suakamargasatwa
d. hutan produksi
7.
Tanam Nasional tempat habitat dari badak bercula dua dilindungi terdapat di Pulau ....
a. Jawa
b. Bali
c. Sumatera
d. Irian
8.
Akibat yang dialami manusia karena punahnya hewan dan tumbuhan di antaranya....
a. hilangnya keanekaragaman hayati
b. hilangnya kesuburan tanah
c. terjadinya banjir
d. hilangnya sumber buruan
9.
Pemanfaatan teknologi untuk melestarikan hewan dan tumbuhan dari kepunahan diantarannya dengan cara ....
a. inseminasi buatan dan penebangan pohon
b. inseminai buatan dan kultur jaringan
c. kultur jaringan dan pemburuan hewan
d. kultur jaringan dan pembukaan lahan untuk pertanian
10. Perusakan lingkungan akibat perbuatan manusia yang dapat menyebabkan terjadinya kepunahan hewan tertentu adalah....
a. kekeringan, longsor dan kebakaran hutan
b. pembukaan hutan untuk lahan pertanian
c. gunung meletus dan pembangunan bendungan
d. perburuan liar dan banjir
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1.
Bagaimana usaha yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian makhluk hidup?
2.
Sebutkan empat jenis hewan dan tumbuhan yang langka beserta tempat asalnya!
3.
Bagaimana pemanfaatan teknologi dalam usaha pelestarian makhluk hidup?
4.
Apa yang di maksud kultur jaringan?
5.
Bagaimana kerugian yang dialami manusia karena hilangnya makhluk hidup tertentu?
SOAL EVALUASI KE V
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas / Semester
: VI / I
Hari / Tanggal
: ……………………………………..
Standar Kompetensi :
Benda dan Sifatnya
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
Kompetensi Dasar :
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
Bentuk Soal
:
Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas
A. Pilihlah jawaban yang benar !
1.
Benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut ....
a. isolator
b. konduktor
c. radiator
d. konvektor
2.
Berikut merupakan benda yang termasuk isolator, kecuali ....
a. plastik
b. kayu
c. kain
d. batangan besi
3.
Benda konduktor yang dapat kita temui sehari-hari adalah ....
a. kaca
b. panci
c. ember plastik
d. selimut
4.
Benda-benda konduktor dimanfaatkan untuk berbagai perlatan sehari-hari sebab ....
a. dapat menghantarkan panas
b. menghalangi merambatnya panas
c. menghantarkan dingin
d. dapat menstabilkan suhu
5.
Istilah lain dari panas adalah ....
a. intensitas
b. temperatur
c. kalor
d. suhu
6.
Berikut alat rumah tangga yang sekaligus menggunakan isolator dan konduktor yaitu ....
a. baskom
b. cobek
c. setrika listrik
d. ember
7.
Alat listrik yang berfungsi untuk merapikan pakaian adalah ....
a. setrika
b. lemari es
c. rice cooker
d. televisi
8.
Fungsi jaket yaitu sebagai ....
a. menahan panas tubuh agar tidak keluar
b. agar kedinginan
c. sebagai hiasan
d. sebagai alat pelengkap pakaian
9.
Berikut alat rumah tangga yang tidak membutuhkan isolator, yaitu ....
a. baskom
b. panic
c. penggorengan
d. setrika
10. Berikut adalah kegunaan karet pada pegangan panci, yaitu ....
a. agar panci lebih mahal
b. agar panci lebih bagus
c. sebagai penahan panas
d. sebagai penghantar panas
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Apa yang dimaksud dengan konduktor?
2. Apa yang dimasud dengan isolator?
3. Sebutkan tiga benda konduktor
4. Sebutkan tiga benda isolator!
5. mengapa semua logam termasuk konduktor?
SOAL EVALUASI KE VI
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas / Semester
: VI / I
Hari / Tanggal
: ……………………………………..
Standar Kompetensi :
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda
Kompetensi Dasar :
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
Bentuk Soal
:
Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas
A. Pilihlah jawaban yang benar !
1.
Perhatikan data berikut:
1) pemanasan,
2) pewarnaan,
3) perkaratan,
4) pembusukan.
Faktor penyebab perubahan pada benda adalah . . . .
a. 1) dan 2)
b. 2) dan 4)
c. 1), 3), dan 4)
d. 1), 2), 3), dan 4)
2.
Contoh pelapukan biologis adalah . . . .
a. air membeku di celah batuan
b. batuan melapuk karena hujan asam
c. dinding lapuk karena ditumbuhi lumut
d. kayu rapuh karena kepanasan terus-menerus
3.
Logam akan mudah berkarat bila terkena . . . .
a. tanah
b. nitrogen
c. karbon
d. oksigen
4.
Wujud gas berubah menjadi cair disebabkan oleh proses . . . .
a. pendinginan
b. pembekuan
c. perkaratan
d. pembakaran
5.
Benda yang dapat mengalami perkaratan adalah . . . .
a. batu
b. gelas plastik
c. pagar besi
d. wajan
6.
Salah satu tanda pembusukan makanan adalah . . . .
a. terjadi perubahan wujud
b. ditumbuhi jamur
c. berbau khas
d. lunak
7.
Manakah pernyataan yang benar tentang pembusukan?
a. Pembusukan dapat terjadi pada semua benda.
b. Makanan di tempat tertutup cepat membusuk.
c. Pendinginan mempercepat pembusukan.
d. Mikroba merupakan penyebab pembusukan pada makanan.
8.
Manakah perubahan wujud yang dapat balik?
a. nasi yang sudah menjadi bubur
b. kertas yang dibakar menjadi abu
c. buah pepaya yang dibiarkan menjadi lembek dan membusuk
d. es mencair menjadi air
9.
Pelapukan yang disebabkan oleh hujan asam disebut . . . .
a. pelapukan fisika
b. pelapukan biologi
c. pelapukan kimia
d. pelapukan benda mati
10. Apakah yang terjadi jika sepotong kawat selalu terkena air?
a. Mencair.
b. Membusuk.
c. Berkarat.
d. Lapuk.
B. Jawablah dengan singkat dan jelas !
1.
Sebutkan tiga faktor penyebab perubahan pada benda.
2.
Sebutkan tiga cara mencegah pelapukan pada kayu.
3.
Berikan tiga contoh benda yang mudah berkarat.
4.
Mengapa pengasinan makanan dapat mencegah pembusukan?
5.
Mengapa pegangan pada cerek terbuat dari kayu?
Semoga Bank Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 Semester 1 ini dapat bermanfaat bagi anda.