Berikut ini merupakan contoh Soal dan Kisi-kisi UAS Bahasa Indonesia kelas 6 Semester 2 yang dapat kalian jadikan sebagai bahan pembelajaran dirumah. Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 ini disusun berdasarkan kisi-kisi Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2. Penyebaran soal ini sudah sesuai dan tertuang dalam matrik soal serta disusun berdasarkan aspek-aspek kata kerja operasional atau (KKO). Silahkan di copas soal berikut ini semoga dapat bermanfaat bagi semua.
Soal dan Kisi-kisi UAS Bahasa Indonesia kelas 6 Semester 2 Terbaru
5.1. Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio
(Pilihan Ganda)
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 – 3 !
Selamat pagi pemirsa!
Saudara, musim kemarau panjang melanda negara kita tahun ini. Dimana-mana masyarakat merindukan turunnya hujan. Kekeringan melanda hampir 80% daerah pertanian di Indonesia. Hal ini sangat memprihatinkan kita semua.
Sawah-sawah mengalami kekeringan dan kehilangan sumber air. Para petani hanya bisa memandang dengan sedih daun-daun padi yang kering kerontang dan mati terkulai. Kekeringan ini bukan saja melanda lahan pertanian, tetapi menjurus ke kekurangan air minum bagi masyarakat.
1. Apa yang menyebabkan petani bersedih dalam teks tersebut ?
Kalimat jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah ….
A. musim kemarau panjang melanda negara kita tahun ini
B. daun-daun padi yang kering kerontang dan mati terkulai
C. Para petani merindukan turunnya hujan agar tidak kekeringan
D. Kekeringan melanda hampir 80% daerah pertanian di Indonesia
2. Penyebab yang terjadi pada cuplikan teks bacaan berita tersebut adalah …..
A. turunnya hujan
B. musim kemarau panjang
C. petani kekurangan air minum
D. daun-daun padi yang kering kerontang
3. Kalimat utama yang terdapat pada paragraph kedua pada isi teks bacaan berita tersebut adalah …..
A. Para petani hanya bisa memandang dengan sedih
B. Kekeringan ini bukan saja melanda lahan pertanian
C. daun-daun padi yang kering kerontang dan mati terkulai
D. Sawah-sawah mengalami kekeringan dan kehilangan sumber air
4. (1) Pada hari Jumat, 30 September 2009, (2) gempa bumi yang dahsyat mengguncang Padang. Gempa tersebut terjadi saat sore hari tepat pada pukul 17.16 WIB. Gempa yang berkekuatan 7,6 skala Richter membuat (3) Padang porak-poranda. (4) Bencana alam tersebut telah memakan banyak korban jiwa dan harta benda musnah.
Topik laporan tersebut ditunjukan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
(Isian)
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 36 – 37 !
Selama tujuh belas tahun, Noorsyaidah, guru di sebuah taman bermain di Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur, berkutat dengan penderitaan ekstraberat. Aneh tapi nyata. Kawat-kawat runcing secara rutin keluar dari perutnya. Dokter kebingungan menentukan jenis penyakitnya (Sumber: Suara Merdeka, Jumat, 11 Juli 2008)
36. Penyakit yang dialami oleh Noorsyaidah adalah …..
37. Noorsyaidah menderita penyakit tersebut selama ….
5.2. Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
(Pilihan Ganda)
Perhatikan percakapan berikut ini !
Hani : "Apakah ada yang bisa kubantu, Bu?"
Ibu : "Han, tolong bantu ibu menyiapkan makanan itu. Sebentar lagi tamu-tamu ayah akan
datang."
Hani : "Baik, Bu."
5. Berdasarkan dialog drama tersebut, tokoh Hani memiliki sifat ....
A. ringan tangan
B. murah hati
C. panjang tangan
D. tinggi hati
Bacalah penggalan teks drama berikut untuk soal nomor 6 - 8!
Elis : (datang dari ruang dalam) “Ya ... Pak. Ada apa, Pak?”
Kakek : “Mana Ari dan Adi? Sudah sore begini belum di rumah?”
Elis : ”Main ... Pak. Tadi bawa motor."
Kakek : “Aduh, Elis. Bagaimana kalian membesarkan anak? Akan jadi apa cucuku kelak?”
Elis : “Sudahlah ... Pak. Kan, Adi dan Ari sudah biasa naik motor."
Kakek : “Kau dan suamimu memanjakannya. Mereka masih SMP, belum berhak punya SIM."
Elis : "Biar masa kecil mereka senang, Pak! Tidak seperti kita dulu."
Kakek : “Aduh ... Lis! Itu, cara mendidik anak yang salah."
6. Pernyataan kakek kepada Elis pada percakapan di atas menyatakan rasa ....
A. takut
B. marah
C. khawatir
D. ingin tahu
7. Tokoh utama dalam penggalan drama di atas adalah ....
A. Ari dan Adi
B. Elis dan Kakek
C. Kakek, Adi, dan Ari
D. Kakek, Ari, Adi, dan Elis
8. Kesimpulan dari isi drama tersebut adalah ….
A. kekhawatiran Kakek terhadap cucunya
B. Ari dan Adi sudah sore belum pulang
C. cara mendidik anak yang kurang baik
D. Ari dan Adi mengendarai motor
(Isian)
Pada hari Selasa, 11 Maret 2009 rumah Pak Bambang dimasuki orang tidak dikenal. Saat kejadian, rumah Pak Bambang dalam keadaan kosong. Pak Bambang dan keluarganya sedang ke luar kota. Menurut informasi dari Pak Bambang, orang tak dikenal tersebut berhasil membawa laptop dan sejumlah uang.
38. Topik laporan yang paling tepat adalah ….
(Uraian)
46. Buatlah isi drama pendek tentang kebersihan lingkungan !
6.1. Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll) dengan lafal, intonasi dan sikap yang tepat.
(Pilihan Ganda)
9. Kalimat pembukaan
pidato yang baik adalah ….
A. Hari ini tempat bersejarah
memperoleh makna baru
B. Saya mengucapkan selamat
datang pada masa silam
C. Pada masa silam, tempat
ini merupakan tempat bersejarah
D. Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan YME bahwasanya kita masih diberikan
rahmat
10. Perhatikan teks pidato berikut ini !
Selamat sore,
Teman-teman dari
Panti Asuhan Kasih Ayah Bunda yang saya cintai. Marilah kita memanjatkan puji
syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya sehingga pada sore
hari ini kita dapat berkumpul dalam acara ulang tahun saya yang ke-12.
Melalui acara ini,
saya ingin berbagi kebahagiaan dengan kalian semua. Tidak lupa saya ucapkan
terima kasih atas kehadiran teman-teman Panti Asuhan Kasih Ayah Bunda. Saya
juga mengucapkan terima kasih atas lantunan doa dari teman-teman. Semoga dengan
doa dari teman-teman saya dapat mencapai kesuksesan dan mendapat rahmat serta
berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.
Sekian dan terima
kasih.
Pidato sambutan tersebut
disampaikan dalam sebuah acara ….
A. ulang tahun
B. pemberian bantuan
C. tasyakuran karena
naik kelas
D. reuni atau
pertemuan dengan teman lama
11. Pada
kesempatan ini saya mewakili teman-teman kelas VI menyampaikan terima kasih
kepada Bapak dan Ibu guru yang telah membimbing kami, sehingga kami dapat
menyelesaikan pendidikan di SD ini. Tak lupa kami juga mohon maaf jika selama
menempuh pendidikan di Sekolah Dasar ini kami melakukan banyak kesalahan. ….
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah ….
A. Demikian yang bisa kami sampaikan
dan terima kasih.
B. Demikian penjelasan dari kami
kepada Bapak dan Ibu.
C. Kehadiran Bapak dan Ibu pada acara
ini tidak ternilai harganya.
D. Hanya informasi ini yang perlu kami sampaikan kepada Bapak Ibu.
12. Perhatikan tabel teks pembuka pidato berikut ini !
No
|
Teks pembuka pidato
|
1
|
Pertama-tama sebagai ketua kelas saya
merasa kagum karena bisa terpilih
menjadi ketua kelas
|
2
|
Pertama-tama sebagai ketua kelas menyampaikan
kepada teman-teman bahwa kelas kita
harus rapi
|
3
|
Pertama-tama sebagai ketua kelas saya
mengucapkan terima kasih atas kepercayaan
teman-teman kepada saya
|
4
|
Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih dan merasa
bangga
|
…. Selanjutnya pada kesempatan yang berbahagia ini, sebagai ketua kelas terpilih saya ingin mengajak teman-teman untuk menjaga kerukunan di antara kita. Dengan demikian, segala kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar.
Kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali pidato tersebut ditunjukan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
(Isian)
39. Perhatikan teks berikut !
Kalimat isi pada teks pidato tersebut di tunjukan oleh nomor …..
(Uraian)
47. Tuliskan kalimat pembuka pidato !
6.2. Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman dan isi) dengan kalimat yang runtut
(Pilihan Ganda)
Bacalah laporan isi buku berikut ini untuk menjawab soal nomor 13 – 15 !
Judul buku
: Zat Kimia Berbahaya dalam Makanan dan Minuman
Penulis
: Choiril Azmiyawati
Penerbit
: Sunda Kelapa Pustaka
Tahun terbit
: 2007
Tebal buku
: iv + 44 halaman
Bagi Anda yang sering jajan sembarangan, mungkin sudah saatnya untuk membaca buku ini, atau bagi siapa pun yang biasa membeli makanan ataupun minuman daripada membuatnya sendiri. Buku ini menyajikan topik-topik yang saat ini sering diperdebatkan konsumen, yaitu hubungan bahan tambahan pangan dengan kesehatan. Bahan-bahan tambahan tersebut, seperti, bahan pewarna, bahan pemanis, bahan pengawet, penyedap rasa, antioksidan, dan beberapa bahan tambahan lainnya.
Tujuan penggunaan bahan tambahan pangan dapat meningkatkan atau mempertahankan nilai gizi dan kualitas daya simpan, dan mempermudah penyiapannya. Buku ini akan membahas satu per satu bahan-bahan tersebut dan dampak negatifnya terhadap kesehatan. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui tentang bahan tambahan pangan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan.
13. Berdasarkan laporan buku tersebut, sasaran pembaca buku ini adalah ….
A. penjual makanan
B. pemilik toko makanan
C. pembeli makanan atau minuman
D. pabrik makanan atau minuman
14. Manfaat membaca buku ini adalah ….
A. Menambah pengetahuan tentang bahaya bahan tambahan yang melebihi takaran dan akan lebih selektif.
B. Membeli makanan dan minuman yang kandungan bahan pengawetnya tinggi.
C. Akan lebih memilih membuat makan dan minuman siap saji daripada membuatnya sendiri.
D. Membuat makanan dan minuman dengan memberikan berbagai bahan tambahan
15. Buku tersebut berisi tentang ….
A. Cara-cara memilih makanan yang sehat dan bebas dari bahan-bahan tambahan yang berbahaya.
B. Bahan-bahan makanan yang terbebas dari bahan-bahan pengawet, pewarna, dan bahan tambahan lainnya.
C. Daftar bahan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat.
D. Bahan-bahan tambahan yang terdapat dalam makanan dan hubungannya dengan kesehatan.
16. Perhatikan data buku berikut ini !
Judul
: Perkembangan Bumi
Tahun terbit
: 2002
Penerbit
: PT Masa Depan
(1) Perkembangan bumi yang kita tempati sekarang ini sangat menakjubkan. Pada 4,5 miliar tahun lalu, bumi masih berupa (2) bola gas panas yang berpijar. Setelah hujan turun selama seribu tahun, (3) keajaiban bumi dimulai. Butuh waktu miliaran tahun sampai kehidupan pertama yang sangat sederhana muncul. Makhluk yang sangat sederhana ini berkembang menjadi (4) makhluk yang melakukan fotosintesis.
Topik hasil laporan di atas ditunjukan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
(Isian)
40. Cara mengetahui isi buku secara garis besar dengan melihat bagian ….
7.1. Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
(Pilihan Ganda)
Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 17 - 19!
Wartawan adalah seorang yang tugasnya mencari berita. Dalam mencari berita, mereka sering melakukan wawancara atau tanya jawab dengan responden, kadang-kadang sambil menulis sesuatu yang dibutuhkan. Mereka tidak lupa mengambil gambar dengan alat pemotret yang selalu dibawa.
17. Makna yang tersirat dari paragraf di atas adalah ….
A. Wartawan selalu menjadi incaran para pencari berita yang ingin mewawancarainya.
B. Tugas seorang wartawan adalah mencari berita dengan melakukan wawancara dengan responden.
C. Wawancara dilakukan oleh responden (narasumber) kepada wartawan.
D. Kegiatan wawancara selalu diawali dengan pengambilan gambar.
18. Arti kata responden pada paragraf di atas adalah ….
A. pencari berita
B. orang yang ahli dalam penelitian
C. juru potret yang mendampingi wartawan
D. penjawab (atas pertanyaan yang diajukan untuk kepentingan penelitian)
19. Antonim kata yang bercetak tebal pada teks bacaan tersebut adalah ….
A. selalu
B. tidak pernah
C. sekali
D. sering
20. Perhatikan teks bacaan ini!
Dewasa ini banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia. Tanpa disadari, budaya-budaya yang masuk sedikit menggeser budaya (1) nasional kita. Sebagai (2) generasi muda, kita harus berusaha mencegah pengaruh budaya asing agar budaya nasional tetap (3) lestari. Selain itu, kita harus mengenal dan memperkenalkan budaya nasional kita pada dunia (4) internasional.
Menyangkut bangsa atau negeri seluruh dunia merupakan arti dari kata yang ditunjukan oleh nomor ….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
(Isian)
41. Orang yang hidupnya boros akan sulit menjadi kaya.
Antonim dari kata boros adalah ….
42. Andi mengerjakan soal-soal ulangan dengan cermat.
Sinonim kata cermat adalah ….
7.2. Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
(Pilihan Ganda)
Bacalah kutipan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 21-25!
Andi : Bu, saya mau ikut Kak Lukman ke stadion. (tergesa-gesa)
Ibu
: Mau naik apa, An?
Andi : Naik motor, Bu. Kakak kan sudah punya SIM.
Ibu
: Eh, helmnya belum dipakai dengan benar. Sini, Ibu bantu. (Ibu membantu Andi memakai helm dengan benar)
21. Tokoh utama dalam kutipan drama di atas adalah ….
A. Ibu, Andi, dan Kak Lukman
B. Andi dan Kak Lukman
C. Ibu dan Kak Lukman
D. Andi dan Ibu
22. Latar tempat dalam kutipan drama di atas adalah ….
A. di stadion
B. di rumah
C. di jalan
D. di lapangan bola
23. Amanat yang sesuai dengan kutipan drama di atas adalah ….
A. Jika akan pergi, kita harus berpamitan kepada ibu.
B. Kita harus bersikap sopan kepada orang tua.
C. Kita harus mematuhi perintah ibu.
D. Jika akan mengendarai sepeda motor, kita wajib memakai helm dengan benar.
24. Watak Ibu pada teks drama tersebut adalah ….
A. sombong
B. jahat
C. baik
D. acuh
CATATAN
Ingin mendapatkan Soal dan Kisi-kisi beserta Matrik UAS Bahasa Indonesia lengkap dengan indikator dan kunci jawabannya silahkan hubungi (088 1102 3226) WA / SMS.