Soal PAS Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013 - Berikut ini merupakan contoh soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 4 Tema 7 Termin 1 yang dapat dipelajari oleh siswa-siswi sekolah dasar sebagai bekal dalam menghadapi PAT diakhir tahun pelajaran. Soal PAT atau PAS tema 7 kelas 4 ini pun dapat dijadikan bahan referensi bagi para pendidik dalam menyusun soal-soal khususnya soal kelas 4 tema 7 kurikulum 2013. Soal PAT kelas 4 tema 7 termin 1 ini memuat 3 pelajaran yaitu PPKn KD 3.4 , Bahasa Indonesia KD 3.7 dan IPA KD 3.3. Berikut ini contoh soal PAT kelas 4 tema 7 semoga dapat bermanfaat.
PPKn KD 3.4
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
1. Keragaman suku bangsa di Indonesia di sebabkan oleh faktor…
A. Keadaan transportasi
B. Perbedaan kondisi alam
C. Kondisi negara kepulauan
D. Sikap masyarakat terhadap perubahan
2. Dampak dari Perbedaan kondisi alam di Indonesia adalah..
A. Keragaman Agama
B. Keragaman sosial
C. Keragaman bahasa
D. Keragaman mata pencaharian
3. Suku bangsa yang terdapat di provinsi Bengkulu yaitu…
A. Abung
B. Lebang
C. Rawas
D. Talang mamak
4. Walaupun negara kita memiliki keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya tidak menjadi penghalang untuk tetap bersatu. Karena Negara kita memiliki semboyan yang menjadi pemersatu bangsa. Semboyan yang dimaksud adalah ….
A. Ing Madya Mangun Karsa
B. Ing Ngarsa Sung Tulada
C. Tut Wuri Handayani
D. Bhineka tunggal ika
5. Indonesia memiliki keragaman agama. Negara menjamin kebebasan setiap pemeluk agama untuk menjalankan ibadahnya. Salah satu upaya kita dalam menghargai keberagaman tersebut yaitu dengan cara ….
A. melarang oranglain membaca kitab suci agamanya
B. mempengaruhi oranglain agar tidak melakukan ibadah
C. mempersilahkan oranglain menjalankan hari raya keagamaanya
D. mempengaruhi oranglain agar mau mengikuti agama yang kita anut
6. Keragaman suku hendaknya menjadi kekayaan bangsa. Untuk itu kita harus saling ….
A. menghargai
B. berselisih
C. bertengkar
D. bermusuhan
7. Manfaat menjalin kebersamaan dan keberagaman antar suku yaitu ….
A. kehidupan akan semakin sulit
B. kita akan hidup damai
C. budaya akan tersaingi
D. tidak ada manfaatnya
8. Ada banyak sekali suku bangsa di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari ….
A. Asia sampai Australia
B. Aceh sampai Irian Jaya
C. Pulau Jawa sampai Bali
D. Sabang sampai Marauke
9. Salah satu upaya untuk melestarikan keragaman budaya Indonesia yaitu ….
A. tidak perlu mengadakan kegiatan budaya nasional yang akan memakan banyak biaya
B. menjaga kelestarian budaya nasional secara ketat sehingga masyarakat luar tidak tahu
C. mengadakan kegiatan pengenalan dan penyebaran budaya nasional kepada masyarakat
D. menyerahkan kebudayaan nasional kepada bangsa lain agar kita tidak perlu menjaganya
10. Keragaman budaya di Indonesia dapat terlihat dari ….
A. kesenian daerahnya
B. jenis pekerjaannya
C. warna pakaiannya
D. film kesukaannya
11. Biasanya tiap daerah memiliki cara tersendiri untuk menghargai budaya daerahnya. Salah satunya yaitu ….
A. mengadakan seminar ke daerah lain untuk mengenalkan budayanya
B. mengadakan upacara ritual sebagaibentuk rasa syukur kepada Tuhan YME
C. mengadakan jalan-jalan atau wisata keliling ke luar negeri bersama keluarga
D. mengadakan kegiatan resmi seperti rapat untuk membicarakan kemajuan daerahnya
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
12. Indonesia memiliki keragaman agama . Jumlah agama yang diakui di Indonesia yaitu ….
13. Sikap toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah merupakan pengamalan sila ke ....
14. Perhatikan tabel berikut ini !
No Pernyataan
1 Kerja kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru
2 Memberikan contekan kepada teman saat ujian sekolah
3 Menolong teman yang sedang membutuhkan bantuan
4 Membantu teman yang lupa mengerjakan PR
Contoh perilaku hidup rukun ditunjukan oleh nomor ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
15. Upaya apa yang dapat kita lakukan untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI ?
16. Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghargai keberagaman sosial budaya ?
Bahasa Indonesia KD 3.7
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
(Teks bacaan untuk soal nomor 17 dan 18)
Suku Bangsa di Indonesia
Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan.
Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah Suku Jawa yang meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. Suku Jawa ini merupakan gabungan dari suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 2.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia.
(Sumber: http://bobo.kidnesia.com. diunduh 1 September 2016)
17. Berdasarkan teks di atas suku terbesar yang ada di Indonesia adalah ….
A. Suku nias
B. Etnis tionghoa
C. Suku jawa
D. Suku papua
18. Pokok pikiran dari paragraf pertama adalah..
A. Keragaman bangsa Indonesia
B. Keragaman suku bangsa di Indonesia
C. Keragaman agama di Indonesia
D. Keragaman adat istiadat di Indonesia
19. Teks bacaan “ Suku Bangsa di Indonesia” adalah..
A. Teks fiksi
B. Dongeng
C. Teks nonfiksi
D. Legenda
20. Perhatikan bacaan berikut !
Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini ditempati oleh Papua Nugini dengan jumlah bahasa mencapai 867 bahasa. Selanjutnya Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah bahasa sebanyak 742 bahasa.
Ide pokok bacaan tersebut adalah ….
A. Jumlah bahasa terbanyak di dunia
B. Indonesia menempati posisi kedua
C. Papua Nugini menempati posisi pertama
D. Jumlah bahasa Papua Nugini yaitu 867 bahasa
21. Perhatikan bacaan berikut !
Bahasa menjadi alat untuk berkomunikasi. Amatilah teman-teman di lingkungan sekitar tempat tinggalmu atau di kelasmu! Bagaimana cara mereka berkomunikasi? Adakah temanmu yang menggunakan dialek atau bahasa berbeda?
Arti kata yang bercetak tebal pada bacaan tersebut adalah ….
A. ragam bahasa yang berbeda-beda
B. bahasa yang diakui oleh bangsa
C. cara berkomunikasi dua arah
D. bahasa pemersatu bangsa
22. Perhatikan bacaan berikut !
Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat. Karnaval ini diharapkan dapat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa di Indonesia ini terdapat keragaman suku bangsa. Keragaman itu terlihat dari kostum, atribut, dan lambang yang dikenakan para peserta karnaval.
Kata sulit pada bacaan tersebut adalah ….
A. lambang, peserta dan upaya
B. karnaval, edukasi dan atribut
C. kostum, terlihat dan karnaval
D. Indonesia, meneguhkan dan suku
23. Perhatikan bacaan berikut !
Indonesia kaya akan seni dan tradisi peninggalan nenek moyang kita. Setiap daerah memiliki kesenian khas. Begitu pula daerah Sumatra Utara suku bangsa Batak di Sumatra Utara memiliki seni musik yang disebut uning-uningan. Seni musik uning-uningan ini menggunakan banyak alat musik tradisional Sumatra Utara.
Informasi penting yang terdapat pada bacaan tersebut adalah ….
A. Sumatra Utara memiliki seni musik yang disebut uning-uningan
B. Seni dan tradisi merupakan peninggalan nenek moyang kita
C. Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional
D. Sumatra Utara berada di sebelah barat Indonesia
24. Perhatikan bacaan berikut !
Kebanyakan peserta lomba menampilkan tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Gagasan utama bacaan tersebut adalah ….
A. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang
B. Peserta ada yang menampilkan tari Ranup Lam Puan
C. Kebanyakan peserta lomba menampilkan tari daerah Aceh
D. Ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain
25. Untuk mencari arti dari kata-kata sulit, bisa kita gunakan ….
A. Buku paket Pelajaran
B. Buku-buku Cerita anak
C. Buku Pengetahuan Umum
D. Kamus Besar Bahasa Indonesia
26. Kalimat yang menjadi permasalahan atau pokok pembicaraan disebut ….
A. Kalimat pengembang
B. Kata-kata sulit
C. Gagasan pokok
D. Kalimat penjelas
27. Kegiatan yang dapat dilakukan bersama teman untuk memecahkan suatu persoalan yaitu ….
A. diam
B. ngobrol
C. diskusi
D. bercanda
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 22 dan 23 !
Ki Hajar Dewantara diberi gelar sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Pemberian gelar itu ditetapkan pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. Gelar itu diberikan kepada Ki Hajar Dewantara atas jasa beliau merintis pendidikan umum di Indonesia. Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.
Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Nama aslinya Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Namun, pada usia 40, beliau berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Beliau tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas, karena beliau ingin dekat dengan rakyat.
28. Gelar Bapak Pendidikan Indonesia disematkan kepada ….
29. Kata yang bercetak tebal memiliki makna ….
30. Kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh suatu informasi kepada seseorang atau nara sumber disebut ….
31. Untuk mendapatkan informasi penting dari suatu bacaan, maka kita harus ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
32. Perhatikan bacaan berikut !
Kekayaan alam di Indonesia juga terkandung di perut bumi, yaitu berupa barang tambang. Di wilayah Indonesia terdapat barang tambang minyak dan gas (migas) serta barang tambang nonmigas. Contoh barang tambang nonmigas antara lain emas, perak, tembaga, batu bara, bijih besi, nikel, aluminium, intan, pasir besi, dan bauksit.
Tuliskan informasi-informasi penting dari bacaan tersebut !
IPA KD 3.3
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D jika jawaban itu benar dan tepat!
33. Perhatikan gambar berikut !
Gaya yang diberikan pada gambar tersebut adalah ….
A. gaya gravitasi
B. gaya magnet
C. gaya listrik
D. gaya otot
34. Pernyataan berikut yang menunjukan adanya gaya gravitasi adalah ….
A. Andi dan teman-teman mendorong mobil yang mogok
B. Paku-paku tersebut menempel pada magnet
C. Lampu senter menyala saat dinyalakan
D. Buah kepala yang jatuh dari pohonnya
35. Gaya yang dihasilkan dari aliran listrik yang menyala disebut gaya ….
A. gaya gravitasi
B. gaya magnet
C. gaya listrik
D. gaya otot
36. Ketapel memanfaatkan gaya ….
A. gaya gravitasi
B. gaya magnet
C. gaya listrik
D. gaya otot
37. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik ….
A. diam
B. statis
C. tetap
D. dinamis
38. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya terjadi pada benda berikut yaitu ….
A. Kipas angin
B. Majicom
C. Lampu
D. Alarm
39. Perhatikan gambar alat-alat rumah tangga berikut ini !
A B
Bentuk perubahan energi pada gambar tersebut yaitu ….
A. perubahan energi dari listrik ke bunyi terjadi pada gambar A dan B
B. perubahan energi dari listrik ke gerak terjadi pada gambar A dan B
C. perubahan energi dari kimia ke panas hanya terjadi pada gambar B
D. Perubahan energi dari listrik ke bunyi hanya terjadi pada gambar A
40. Benda yang dapat ditarik oleh magnet yaitu ….
A. pensil
B. peniti
C. kayu
D. kain
41. Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari ….
A. Logam
B. Plastik
C. Serat kain
D. karet
42. Sesuatu yang mengalir dari kutub negatif menuju kutub positif adalah .…
A. Gaya listrik
B. Arus listrik
C. Muatan listrik
D. Medan listrik
43. Bentuk perubahan energi kipas angin yaitu dari energi listrik ke ….
A. Energi gesek
B. Energi gerak
C. Energi panas
D. Energi cahaya
44. Bahan terbaik dalam membuat magnet sehingga tidak mudah hilang adalah ….. .
A. Baja
B. Croom
C. Tembaga
D. Alumunium
45. Buah jatuh pada pohon menunjukkan terjadinya gaya … .
A. Gravitasi bumi
B. Perubahan gaya
C. Perubahan bentuk benda
D. Perubahan arah
II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
46. Dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk disebut ….
47. Gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi adalah gaya ….
48. Perhatikan gambar berikut ini !
Gbr. Kulkas Gbr. Sepeda Gbr. Solder Timah
1 2 3
Benda yang memanfaatkan gaya magnet ditunjukan oleh nomor ….
III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
49. Tuliskan macam-macam gaya !
50. Perhatikan gambar berikut !
Tuliskan yang terjadi jika kedua magnet dihadapkan seperti pada gambar tersebut !