Home » » Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 KTSP

Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 KTSP

Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 KTSP - Berikut ini merupakan contoh latihan Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 semester 2 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dapat kalian pelajari sebagai bekal atau persiapan dalam menghadapi ulangan kenaikan kelas (UKK) yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 ini pun dapat dijadikan referensi bagi guru / pendidik dalam menyusun soal ulangan akhir semester II atau soal UKK mata pelajaran Bahasa Indonesia. Karena soal ini mengacu pada kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam KTSP. Soal ini dilengkapi dengan matrik serta kisi-kisi UKK Bahasa Indonesia dan di lengkapi dengan kunci jawaban yang termuat pada kisi-kisi soal.

Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 semester 2 ini berjumlah 50 butir soal dengan rincian : 35 pilihan ganda, 10 isian dan 5 uraian terbatas. Semoga soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 KTSP ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima Kasih.

Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 KTSP

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang benar !

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1-3 !
Liburan sekolah telah tiba. Dinda dan keluarganya berlibur ke pantai. Dinda sangat gembira. Dipantai Dinda sangat menikmati pemandangan pantai. Ia berjalan menyusuri tepi pantai. Ia berjalan sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Tidak terasa Dinda sudah berjalan jauh dari keluarganya. Dinda tidak menyadarinya. Setelah sadar, Dinda bingung ada dimana. Dinda pun bingung mencari keluarganya.
Dinda ingin menangis, tetapi malu. Akhirnya, Dinda memutuskan untuk menyusuri kembali jalan yang telah ia lalui. Ia menyusuri jalan dengan mengingat–ingat apakah jalan yang ia lewati adalah jalan yang telah ia lalui. Dengan penuh kesabaran, akhirnya Dinda berhasil menemukan keluarganya. Dinda bahagia sekali.

1. Keluarga Dinda berlibur ke . . . .
A. Gunung                      
B. Pantai
C. Danau
D. Kebun binatang

2. Pertanyaan berikut yang jawaban terdapat dalam cerita yaitu . . . .
A. Apa yang dilakukan keluarga Dinda di pantai ?
B. Bagaimana keadaan Dinda saat berlibur ?
C. Mengapa keluarga Dinda berlibur ?
D. Mengapa Dinda hampir menangis ?

3. Tanggapan yang sesuai dengan peristiwa dalam cerita yaitu . . . .
A. Dinda seperti anak kecil saja yang kebingungan saat kehilangan orang tuanya.
B. Dinda seharusnya menangis karena kehilangan keluarganya.
C. Dinda seharusnya tidak berjalan –jalan meninggalkan orang tuanya.
D. Dinda tidak perlu bingung karena ia dapat menyusuri kembali jalan yang telah ia lalui.

4. Untuk menanggapi suatu persoalan atau peristiwa kita menggunakan kata ....
A. menurut kamu
B. menurut saya
C. mengapa kamu
D. bagaimana pendapatmu

Perhatikan kutipan cerita berikut ini untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Pada suatu hari, ada seekor tikus yang berkeliaran di tengah hutan. Tikus itu berkeliling mencari makan. Tikus terus berkeliling hutan tanpa tahu arah. Tikus tersesat hingga ke sarang singa. Ia berlari kebingungan mencari jalan keluar. Tikus panik dan melompat ke hidung singa. Singa terbangun dari tidurnya. Singa sangat marah. Singa menangkap tikus dan ingin memakannya. Tiba-tiba singa tersadar bahwa raja hutan harus bersikap bijaksana dan memberi contoh yang baik. Singa lalu melepaskan tikus itu. Tikus meminta maaf dan berterima kasih kepada singa.
Selang beberapa hari, singa tertimpa musibah. Singa terperangkap dalam jaring yang dipasang oleh pemburu. Singa meronta sekuat tenaga dan mengaum dengan keras. Suara singa terdengar oleh tikus. Tikus menghampiri singa. Tikus segera menolong singa. Ia menggigit tali jaring dengan gigi-gigi kecilnya. Singa dapat terlepas dari perangkap pemburu.

5. Tokoh tikus dalam dongeng tersebut berwatak ....
A. suka menolong  
B. curang
C.   bijaksana
D.   sombong

6. Latar tempat dongeng tersebut di ....
A. tengah sungai
B. tengah hutan
C.   tepi hutan
D.   tepi danau

7. Amanat pada cerita adalah ….
A. pesan yang ingin disampaikan
B. tempat terjadinya suatu cerita
C. pelaku yang terlibat pada suatu cerita
D. keterangan waktu pada sebuah cerita

8. Tokoh pada cerita adalah ….
A. tempat terjadinya suatu cerita
B. pesan yang ingin disampaikan
C. keterangan waktu pada sebuah cerita
D. pelaku yang terlibat dalam suatu cerita

9. Memberikan komentar terhadap persoalan yang terjadi harus disertai dengan alasan yang ….
A. berbelit-belit
B. berbohong
C. asal-asalan
D. logis

10. Faktual adalah suatu kejadian yang bersifat ....
A. palsu
B. nyata
C. belaka
D. bohong

11. Perhatikan kutipan berita berikut !
Pemerintah Indonesia telah mencanangkan tahun 2007 sebagai tahun pembasmian virus flu burung terhadap manusia. Negara-negara maju dan organisasi dunia telah setuju memberikan bantuan dana. Jika semua lancar, akan terkumpul sedikitnya Rp 65 juta dolar AS (sekitar Rp 585 milliar). Dana sebanyak itu, bisa digunakan untuk membeli vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan. Dana tersebut juga bisa digunakan untuk kegiatan penelitian, pengawasan, dan kampanye kesehatan pada jutaan penduduk.
Persoalan tersebut tentang pecanangan pembasmian flu burung terhadap manusia. Hal tersebut memang harus segera dilaksanakan karena ….
A. organisasi dunia akan memberikan bantuan dana
B. virus flu burung dapat masuk kedalam tubuh kita
C. dapat membawa keuntungan bagi peternak unggas
D. flu burung benar-benar meresahkan masyarakat

12. Perhatikan kutipan berita berikut ini !
Giliran kota Jakarta sebagai kota Metropolitan mengalami krisis air. Beberapa hari belakangan ini warga di beberapa wilayah Jakarta mengeluh. Hal ini terjadi karena air bersih yang berasal dari Perusahaan Air Minum Jakarta Raya (PAM Raya) tidak mengalir seperti biasanya.
Harian: Berani, 18 Januari 2007
Persoalan yang terjadi adalah ....
A. Dibangunnya Perusahaan Air Minum
B. Warga mengeluh adanya PAM Raya
C. PAM Raya di Kota Metropolitan
D. Jakarta krisis air bersih

13. Perhatikan dialog berikut ini !
Ida : "Akhir-akhir ini banyak pekerja yang sakit, supaya tidak mengganggu kerja datanglah sore-sore."
Ny. Ardi : "Tetapi engkau sendiri tampak tak begitu sehat, jangan memaksakan diri."
Ida : (Cepat) "Ah, aku sehat, tidak apa-apa, Bu!
Karakter Ny. Ardi dalam pada dialog tersebut adalah .... 
A. jahat
B. egois 
C. angkuh
D. bijaksana

14. Perhatikan kutipan drama berikut ini !
Elis     : (datang dari ruang dalam) “Ya ... Pak. Ada apa, Pak?”    
Kakek : “Mana Ari dan Adi? Sudah sore begini belum di rumah?”    
Elis     : ”Main ... Pak. Tadi bawa motor."    
Kakek : “Aduh, Elis. Bagaimana kalian membesarkan anak? Akan jadi apa cucuku kelak?”    
Elis     : “Sudahlah ... Pak. Kan, Adi dan Ari sudah biasa naik motor."    
Kakek : “Kau dan suamimu memanjakannya. Mereka masih SMP, belum berhak punya SIM."    
Elis     : "Biar masa kecil mereka senang, Pak! Tidak seperti kita dulu."    
Kakek : “Aduh ... Lis! Itu, cara mendidik anak yang salah."
Pernyataan kakek kepada Elis pada percakapan di atas menyatakan rasa ....
A. takut 
B. marah
C. khawatir
D. ingin tahu 

15. Ekspresi adalah ….
A. ungkapan perasaan pelaku seni
B. pengucapan bunyi bahasa
C. cepat lambat bunyi bahasa
D. tinggi rendahnya nada

16. Perhatikan tabel berikut ini !
1 Lafal
2 Tempo
3 Intonasi
4 Ekspresi
Pengucapan bunyi bahasa ditunjukan oleh nomor ….
A.   1
B.   2
C.   3
D. 4

17. Perhatikan kedua teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!
Teks I
Banjir rob kembali terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Rob meluber ke jalan-jalan utama pantai utara Jawa wilayah Kaligawe dan Genuk. Meski terjadi banjir rob, lalu lintas kendaraan tetap normal dan tidak ada kemacetan. Kendati demikian, bekas air rob membuat jalan rusak dan bergelombang. Pemkot Semarang bersama Premprov Jateng dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melakukan langkah darurat bencana.
Teks II
Kota Semarang saat ini dilanda banjir rob. Tingginya mencapai 40-50 cm. Berdasarkan pantauan, ada beberapa titik genangan air rob terlihat tinggi. Jalur pantura menuju Surabaya terkena banjir rob, terutama pintu masuk terminal Terboyo dan pintu masuk kawasan industri Terboyo. Rob di jalur itu membuat antrean kendaraan berbaris panjang hingga jalan arteri Yos sudarso. Akibat banjir rob, volume kendaraan menumpuk dan menimbulkan antrean panjang hingga  di wilayah Kecamatan Sayung, Demak.
Persamaan kedua teks tersebut ....
A. Banjir rob membuat lalu lintas kendaraan macet.
B. Banjir rob kembali melanda Kota Semarang Jawa Tengah
C. Upaya langkah darurat menangani bencana banjir rob
D. Banjir rob membuat jalan rusak dan bergelombang

18. Penyebab kemacetan di jalan arteri Yos sudarso adalah  ….
A. perbaikan jalan
B. jalan rusak
C. banjir rob
D. hujan

19. Cara menemukan masalah utama berita yang dibaca dalam teks berita dapat ditentukan dengan panduan pertanyaan yang berupa ....
A. mengapa, apa, siapa, di mana, kapan, berapa
B. bilamana, berapa, kapan, di mana, mengapa, apa
C. apa, bilaman, kapan, di mana, berapa, mengapa
D. apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana

Perhatikan jadwal perjalanan Kereta Api berikut ini untuk menjawab soal nomor 20-22!

Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 KTSP www.soalulangansdn.blogspot.co.id

20. Kereta api jurusan Semarang–Surabaya yang harga tiketnya paling murah adalah ....
A. Argo Anggrek
B. Argo Bromo
C. Rajawali
D. Sembrani

21. Kereta Api Gumarang akan berangkat dari Stasiun Tawang pada pukul ....
A. 08.35
B. 00.46
C. 00.27
D. 00.46

22. Pernyataan yang sesuai dengan isi jadwal tersebut adalah ....
A. Kereta Rajawali menempuh perjalanan selama 5 jam.
B. Kereta Sembrani menempuh perjalanan selama 4 jam 9 menit dengan tiket seharga Rp85.000,00.
C. Kereta Argo Anggrek melakukan perjalanan 4 kali dalam sehari.
D. Harga tiket kereta Argo Bromo adalah Rp220.000,00 sekali perjalanan.

23. Perhatikan tabel susunan acara televisi berikut ini!

Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 KTSP www.soalulangansdn.blogspot.co.id

Acara anak yang ditayangkan pada sore hari yaitu ….
A. Pentas Anak Sekolah
B. Dora Emon
C. Tom & Jerry
D. Cinderela

24. Hal pertama yang dilakukan dalam meringkas isi buku adalah ….
A. Membaca buku tersebut secara cermat
B. Menulis isi buku secara singkat
C. Memilih inti pokok isi buku 
D. Merangkum isi buku 

Bacalah laporan isi buku berikut untuk soal nomor 25-27 !
Judul buku : Zat Kimia Berbahaya dalam Makanan dan Minuman    
Penulis       : Choiril Azmiyawati    
Penerbit       : Sunda Kelapa Pustaka    
Tahun terbit : 2007    
Tebal buku   : iv + 44 halaman  
      Bagi Anda yang sering jajan sembarangan, mungkin sudah saatnya untuk membaca buku ini, atau bagi siapa pun yang biasa membeli makanan ataupun minuman daripada membuatnya sendiri. Buku ini menyajikan topik-topik yang saat ini sering diperdebatkan konsumen, yaitu hubungan bahan tambahan pangan dengan kesehatan. Bahan-bahan tambahan tersebut, seperti, bahan pewarna, bahan pemanis, bahan pengawet, penyedap rasa, antioksidan, dan beberapa bahan tambahan lainnya.
     Tujuan penggunaan bahan tambahan pangan dapat meningkatkan atau mempertahankan nilai gizi dan kualitas daya simpan, dan mempermudah penyiapannya. Buku ini akan membahas satu per satu bahan-bahan tersebut dan dampak negatifnya terhadap kesehatan. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui tentang bahan tambahan pangan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan.


25. Berdasarkan laporan buku tersebut, sasaran pembaca buku ini adalah ....
A. penjual makanan
B. pemilik toko makanan
C. pembeli makanan atau minuman
D. pabrik makanan atau minuman

26. Manfaat membaca buku ini adalah ....
A. Menambah pengetahuan tentang bahaya bahan tambahan yang melebihi takaran dan akan lebih selektif.
B. Membeli makanan dan minuman yang kandungan bahan pengawetnya tinggi.
C. Akan lebih memilih membuat makan dan minuman siap saji daripada membuatnya  sendiri.
D. Membuat makanan dan minuman dengan memberikan berbagai bahan tambahan 

27. Buku tersebut berisi tentang ....
A. Cara-cara memilih makanan yang sehat dan bebas dari bahan-bahan tambahan yang berbahaya.
B. Bahan-bahan makanan yang terbebas dari bahan-bahan pengawet, pewarna, dan bahan tambahan lainnya.
C. Daftar bahan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat.
D. Bahan-bahan tambahan yang terdapat dalam makanan dan hubungannya dengan kesehatan

Bacalah hasil kunjungan berikut ini untuk soal nomor 28 dan 29 !
Hasil Kunjungan   :                                           
Di Taman Safari Cisarua terdapat 30 jenis mamalia, 40 jenis primata, 15 jenis amfibia, 100 jenis burung, dan 20 jemis ikan. Satwa langka yang dilindungi misalnya orangutan sumatra, macan tutul, badak bercula satu, burung cenderawasih dan banteng.
      Tempat favorit bagi para pengunjung adalah arena pertunjukan. Tempat ini sering digunakan untuk menggelar pertunjukan musik dangdut. Tempat favorit kedua taman kolam. Di sana mereka dapat menaiki perahu. Selain itu, tempat favorit lainnya adalah taman gajah. Di sana para pengunjung dapat naik gajah untuk berkeliling taman.

28. Satwa langka yang terdapat di Taman Safari yaitu ....
A. buaya
B. ular
C. burung cenderawasih
D. gajah lampung

29. Menurut hasil kunjungan, tempat paling favorit para pengunjung Taman Safari adalah ....
A. taman gajah
B. kandang gajah
C. taman kolam
D. arena pertunjukan

30. Dalam menulis laporan hasil pengamatan, harus menggunakan bahasa ....
A. sederhana
B. sopan dan menarik
C. baik dan benar
D. tidak baku dan sopan

31. Laporan Hasil Kunjungan
(1) Kelompok I
      Ketua      : (Dani)
(2) Objek kunjungan: perajin gerabah kasongan
(3) Madiun, 15 Oktober 2008
(4) Hari/tanggal kunjungan: Sabtu, 11 Oktober 2008
(5) Jumlah peserta: 30 orang
(6) Hasil kunjungan: Kerajinan gerabah kasongan terletak di daerah Kasongan, Bantul, Yogyakarta. Gerabah tersebut  selain diperdagangkan di dalam negeri juga diekspor ke mancanegara.
Urutan hasil kunjungan tersebut yang benar adalah ....
A. (4)–(2)–(5)–(6)–(3)–(1)
B. (4)–(2)–(5)–(6)–(1)–(3)
C. (4)–(2)–(6)–(5)–(3)–(1)
D. (4)–(5)–(2)–(3)–(6)–(1)

Perhatikan puisi berikut untuk soal nomor 32-34 !
Kubuka jendela kamarku 
Terlihat halaman hijau nan indah
Bunga mekar berwarna-warni
Harum semerbak mewangi
Dengan berseragam putih merah
Anak-anak berjalan ke sekolah
Menyongsong masa depan indah
Dengan penuh gairah

32. Judul yang tepat untuk puisi di atas adalah ....
A. Mentari Pagi
B. Pagi yang Cerah
C. Berangkat Sekolah
D. Pulang ke Rumah

33. Arti dari kata yang bercetak miring adalah ….
A. bau yang terbawa angin
B. tidak terlalu wangi
C. sungguh wangi 
D. indah sekali

34. Arti dari kata yang bercetak tebal adalah …..
A. berjalan maju untuk menghadapi
B. persiapan untuk masa depan
C. impian yang akan dihadapi
D. sambutan anak sekolah

35. Perhatikan  puisi berikut ini !
PenghujungTahun
(NurSanti)
Tahun berganti tahun
Tanpa terasa silih berganti
Secepat angin berembus
Laksana samudera tak bertepi
Kulalui waktu
Tiba-tiba sampai di ujung tahun
Suka dan duka ku
Luruh bersama waktu
Pernyataan yang sesuai dengan isi puisi tersebut adalah ….
A. Waktu terasa begitu cepat sehingga tanpa terasa, setahun sudah akan berganti
B. Angin di lautan atau samudera bertiup sangat cepat
C. Segala kesedihan akan segera berakhir dengan cepat silih berganti
D. Setiap pergantian tahun baru harus kita rayakan dengan gembira

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

36. Dalam menyampaikan tanggapan, harus dengan bahasa yang ….
37. Kesimpulan sebuah cerita dapat di tentukan pada bagian . . . cerita.
38. Berita faktual adalah sebuah informasi berdasarkan peristiwa ….
39. Untuk dapat memerankan tokoh dalam sebuah drama dengan baik, kita harus selalu . . . secara rutin.
40. Tokoh yang memerankan Malin dalam cerita “Malin Kundang” harus dapat menguasai watak ….
41. Bacalah kedua teks berikut ini!
Teks I
Acara perayaan HUT  RI di kampungku sangat meriah. Acara tersebut diadakan di lapangan desa Purwobinangun, Yogyakarta. Di sana diadakan banyak lomba, misalnya lomba balap karung, panjat pinang, bola voli, tarik tambang, dan joget balon. Tidak hanya beragam lomba saja, di lapangan juga terdapat berbagai pertunjukkan, seperti reog Ponorogo dan kuda lumping.
Teks II
Ketika perayaan HUT RI, Pemerintah Kota Yogyakarta mengadakan acara yang diadakan di alun-alun kota. Acara tersebut adalah karnaval yang diikuti  oleh seluruh perwakilan sekolah dan kecamatan di wilayah kota. Banyak atraksi yang diperlihatkan oleh setiap peserta. Para peserta karnaval berjalan beriringan melalui rute-rute yang telah ditentukan. 
Acara di kedua teks bacaan tersebut diadakan di daerah ….
42. Perhatikan tabel berikut ini!
1 melatih kekuatan ingatan
2 Mendapatkan informasi-informasi penting
3 mencari jalan keluar atas suatu permasalahan
Tujuan membaca sekilas ditunjukan oleh nomor ….
43. Membaca cepat atau memindai diperlukan untuk mendapatkan … secara cepat.
44. Menulis laporan kunjungan harus menggunakan … yang sesuai.
45. Perhatikan puisi berikut ini !
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
Tema puisi tersebut adalah ....

III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !

46. Perhatikan peristiwa berikut ini!
Pada saat ulangan harian, temanmu menyontek dari buku catatannya. Setelah ulangan, kamu berusaha menegurnya. Dia beralasan tidak belajar sebelumnya karena harus menjaga ibunya yang sedang sakit di rumah sakit.
Berilah tanggapanmu terhadap persoalan tersebut !

47. Sebutkan unsur-unsur sebuah cerita !

48. Bagaimanakah cara memberikan saran terhadap suatu persoalan atau peristiwa?

49. Bacalah kedua teks berita berikut !
Teks I 
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Imbauan itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak mulai pukul 13.00 WIB. Imbauan itu sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak agar mengusahakan tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Sebutkan persamaan informasi dari kedua teks berita tersebut !

50. Tuliskan kegunaan dari membaca memindai !

Untuk mendapatkan matrik dan kisi-kisi soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 KTSP silahkan hubungi (WA) 08811023226

0 komentar:

Post a Comment